Festival Budaya Nusantara 2024: Meriahkan Keanekaragaman dan Persatuan Indonesia

Yogyakarta, 6 Juni 2024 – Festival Budaya Nusantara 2024 resmi dibuka dengan meriah di Alun-Alun Utara Yogyakarta. Acara tahunan yang menampilkan keanekaragaman budaya Indonesia ini dihadiri oleh ribuan pengunjung dari berbagai daerah, baik lokal maupun mancanegara. Festival ini bertujuan untuk memperkuat persatuan dalam keberagaman dan mempromosikan kekayaan budaya Indonesia.

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X, dalam pidato pembukaannya menekankan pentingnya festival ini sebagai sarana untuk mempererat tali persaudaraan antarbangsa. “Festival Budaya Nusantara bukan hanya ajang hiburan, tetapi juga wadah untuk mengenal dan menghargai keragaman budaya kita. Melalui acara ini, kita dapat memperkuat semangat persatuan dan kebangsaan,” ujar Sri Sultan.

Selama festival yang berlangsung selama tiga hari, pengunjung dapat menikmati berbagai pertunjukan seni dan budaya, mulai dari tari tradisional, musik, hingga teater rakyat. Setiap daerah di Indonesia diwakili dalam parade budaya yang menampilkan kostum tradisional dan tarian khas masing-masing.

Salah satu penampilan yang paling dinantikan adalah Tari Saman dari Aceh, yang memukau penonton dengan gerakan yang cepat dan serasi. Selain itu, pagelaran Wayang Kulit dari Jawa Tengah juga menjadi daya tarik utama, dengan dalang ternama Ki Manteb Sudarsono mengisahkan lakon Mahabharata yang sarat dengan pesan moral dan filosofis.

Tidak hanya pertunjukan, Festival Budaya Nusantara 2024 juga menyajikan berbagai pameran kerajinan tangan dan kuliner khas dari berbagai daerah. Pengunjung dapat mencicipi makanan tradisional seperti rendang dari Sumatra Barat, sate lilit dari Bali, dan papeda dari Papua. Di area pameran, kerajinan batik, tenun ikat, dan ukiran kayu turut dipamerkan dan dijual, memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk membawa pulang cendera mata khas Indonesia.

Baca Juga  Waspada Cantik Beracun? Cek Dulu Kosmetik dan Skincare Mu!

Festival ini juga dimeriahkan dengan lomba permainan tradisional seperti egrang, tarik tambang, dan balap karung yang melibatkan partisipasi aktif dari pengunjung. Anak-anak dan dewasa terlihat antusias mengikuti berbagai lomba, menciptakan suasana yang penuh kegembiraan dan kebersamaan.

Ketua Panitia Festival, Dr. Ratna Wiryawan, menyatakan bahwa acara tahun ini mengusung tema “Merajut Nusantara, Merayakan Keberagaman”. “Kami ingin menunjukkan bahwa meskipun kita berasal dari latar belakang budaya yang berbeda, kita semua adalah bagian dari satu Indonesia. Festival ini adalah bentuk perayaan kebhinekaan yang menjadi kekuatan utama bangsa kita,” kata Dr. Ratna.

Pengamat budaya, Dr. I Wayan Sudirta, mengapresiasi penyelenggaraan festival ini dan menilai bahwa acara semacam ini penting untuk melestarikan budaya bangsa. “Di tengah arus globalisasi, sangat penting bagi kita untuk tetap menjaga dan merayakan warisan budaya kita. Festival ini menjadi salah satu cara efektif untuk mendekatkan budaya kepada generasi muda,” ujar Dr. I Wayan.

Festival Budaya Nusantara 2024 diharapkan dapat terus menjadi agenda tahunan yang dinanti-nantikan, tidak hanya sebagai ajang hiburan tetapi juga sebagai sarana edukasi dan pelestarian budaya. Dengan antusiasme yang tinggi dari masyarakat, festival ini membuktikan bahwa keanekaragaman budaya Indonesia adalah aset berharga yang harus terus dijaga dan dirayakan.

Komentar