Kebakaran Hebat Melanda Pasar Tanah Abang, Puluhan Kios Terbakar

Jakarta, 30 Mei 2024 – Kebakaran hebat terjadi di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, dini hari tadi, menyebabkan puluhan kios hangus terbakar. Api pertama kali terlihat sekitar pukul 02:30 WIB dan dengan cepat menyebar ke beberapa blok di pasar grosir terbesar di Asia Tenggara ini.

Penyebab dan Dampak Kebakaran

Menurut laporan awal, api diduga berasal dari korsleting listrik di salah satu kios di Blok A. Dalam waktu singkat, api menjalar ke kios-kios lain yang berdekatan, menyebabkan kerugian materiil yang diperkirakan mencapai miliaran rupiah. Sejauh ini, belum ada laporan korban jiwa, namun beberapa pedagang mengalami luka-luka ringan saat mencoba menyelamatkan barang dagangan mereka.

“Kebakaran ini sangat cepat menyebar karena banyak kios yang menyimpan bahan-bahan yang mudah terbakar, seperti pakaian dan tekstil,” kata Kapolsek Tanah Abang, Kompol Singgih Hermawan.

Upaya Pemadaman dan Evakuasi

Petugas pemadam kebakaran dari Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Pusat segera dikerahkan ke lokasi setelah menerima laporan. Sekitar 25 unit mobil pemadam kebakaran diturunkan untuk mengendalikan api. Pemadaman berhasil dilakukan sekitar pukul 05:00 WIB, namun beberapa titik masih mengeluarkan asap tebal.

“Kami bekerja keras sepanjang malam untuk memadamkan api dan mencegahnya menyebar ke blok-blok lain. Evakuasi pedagang dan barang-barang mereka juga menjadi prioritas kami,” ujar Kepala Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Pusat, Subejo.

Tindakan Pemerintah dan Bantuan Masyarakat

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, meninjau langsung lokasi kebakaran pada pagi hari ini. Dalam pernyataannya, Anies menyampaikan rasa prihatin dan berjanji akan memberikan bantuan kepada para pedagang yang terdampak.

“Kami akan segera mengoordinasikan bantuan dan solusi sementara agar para pedagang bisa kembali beraktivitas. Evaluasi menyeluruh juga akan dilakukan untuk mencegah kejadian serupa di masa depan,” kata Anies.

Baca Juga  Kualitas Pelayanan Memukau, Imigrasi Jaksel Sabet Juara Kategori A "Kualitas Tertinggi"

Dukungan dari masyarakat juga mengalir deras. Berbagai organisasi kemanusiaan dan komunitas lokal menggalang bantuan untuk para korban kebakaran. Di media sosial, ajakan untuk berdonasi dan memberikan dukungan moral tersebar luas, menunjukkan solidaritas dari warga Jakarta dan sekitarnya.

Komentar