Kebakaran Hebat Landa Pasar Senen, Pedagang dan Warga Panik

Jakarta, 29 Mei 2024 — Kebakaran hebat melanda Pasar Senen, salah satu pasar terbesar dan tertua di Jakarta, pada dini hari tadi. Api mulai terlihat sekitar pukul 02:30 WIB dan dengan cepat menyebar ke sejumlah kios, menghanguskan ratusan lapak pedagang.

Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Pusat langsung mengerahkan lebih dari 30 unit mobil pemadam kebakaran ke lokasi untuk memadamkan api. Namun, kepadatan bangunan dan tiupan angin membuat upaya pemadaman berjalan sulit dan memakan waktu berjam-jam.

“Hingga saat ini, kami masih berupaya keras untuk memadamkan sisa-sisa api yang masih berkobar di beberapa titik. Kami juga telah mengerahkan tambahan personel untuk memastikan kebakaran tidak merembet ke bangunan lain,” ujar Mulyanto, Kepala Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Pusat.

Kebakaran ini menyebabkan kepanikan di kalangan pedagang dan warga sekitar. Banyak pedagang yang berusaha menyelamatkan barang dagangan mereka meski di tengah kobaran api. “Kami sangat panik dan mencoba menyelamatkan apa yang bisa diselamatkan. Sebagian besar barang dagangan kami habis terbakar,” kata Budi, salah satu pedagang pakaian di Pasar Senen.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada laporan mengenai korban jiwa, namun beberapa orang dilaporkan mengalami luka ringan akibat terinjak-injak saat berusaha menyelamatkan diri. Tim medis dan ambulans sudah dikerahkan ke lokasi untuk memberikan pertolongan pertama.

Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, yang datang ke lokasi kebakaran, menyatakan keprihatinannya dan menjanjikan bantuan kepada para pedagang yang terdampak. “Kami sangat prihatin dengan kejadian ini. Pemerintah akan segera memberikan bantuan dan mencari solusi terbaik agar para pedagang bisa kembali beraktivitas secepat mungkin,” ujar Heru.

Sementara itu, pihak kepolisian masih menyelidiki penyebab kebakaran. Dugaan sementara, api berasal dari korsleting listrik di salah satu kios. “Kami masih melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk mengetahui penyebab pasti kebakaran ini. Tim forensik sudah berada di lokasi untuk mengumpulkan bukti-bukti,” kata Kapolres Jakarta Pusat, Kombes Pol Hengki Haryadi.

Baca Juga  Peningkatan Kasus Demam Berdarah di Musim Hujan: Pemerintah Imbau Warga Tingkatkan Kewaspadaan

Kebakaran di Pasar Senen bukanlah yang pertama kali terjadi. Pasar ini telah beberapa kali mengalami kebakaran besar dalam dua dekade terakhir. Hal ini menimbulkan kekhawatiran mengenai standar keamanan dan keselamatan di pasar-pasar tradisional di Jakarta.

“Ini adalah panggilan bagi kita semua untuk meningkatkan standar keamanan di pasar-pasar tradisional. Insiden seperti ini tidak boleh terjadi lagi di masa depan,” kata Sarman Simanjorang, Ketua Asosiasi Pedagang Pasar Indonesia (APPI).

Dengan upaya pemadaman yang masih berlangsung dan kondisi yang belum sepenuhnya aman, masyarakat di sekitar Pasar Senen dihimbau untuk menjauhi lokasi kebakaran demi keselamatan. Pemerintah daerah juga telah menyiapkan posko darurat bagi para pedagang yang kehilangan tempat usaha mereka akibat kebakaran ini.

Komentar