Penerapan Sanksi Tipiring kepada Jukir Liar, Sudinhub Jakarta Selatan Siap Tindak Tegas Mulai Bulan Depan!

Jakarta – Maraknya aktivitas juru parkir liar (jukir liar) di wilayah Jakarta Selatan kian meresahkan masyarakat, Untuk menertibkan kondisi ini, Suku Dinas Perhubungan (Sudinhub) Jakarta Selatan siap memberlakukan penerapan sanksi Tipiring kepada Jukir liar, (Tindak Pidana Ringan) kepada para jukir liar mulai bulan depan.

Kepala Sudinhub Jakarta Selatan, Bernard Octavianus Pasaribu, menegaskan bahwa langkah ini diambil sebagai upaya untuk memberikan efek jera bagi para jukir liar yang masih membandel.

“Jukir liar yang sudah ditertibkan tapi masih kembali beroperasi, akan kita tindak tegas dengan Tipiring,” ujar Bernard, Rabu (15/5/2024).

Penerapan sanksi Tipiring ini didasari oleh Peraturan Daerah (Perda) DKI Jakarta Nomor 5 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Perhubungan Angkutan Jalan.

Dalam perda tersebut, disebutkan bahwa setiap orang yang melakukan kegiatan parkir liar di jalan umum, trotoar, atau tempat lain yang tidak diperuntukkan untuk parkir, dapat dikenakan sanksi denda maksimal Rp 250.000.

Bernard menjelaskan bahwa sebelum menerapkan sanksi Tipiring, pihaknya akan terlebih dahulu melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan para jukir liar.

Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang aturan yang berlaku dan sanksi yang akan diberikan jika melanggar.

“Kita akan lakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada masyarakat dan para jukir liar. Setelah itu, baru kita terapkan sanksi Tipiring,” jelas Bernard.

Sudinhub Jakarta Selatan juga akan berkoordinasi dengan Satpol PP, TNI, dan Polri untuk melakukan penertiban jukir liar di wilayahnya. Selain itu, pihaknya juga akan memasang rambu-rambu larangan parkir liar di lokasi-lokasi yang rawan pelanggaran.

Bernard berharap dengan penerapan sanksi Tipiring ini, aktivitas jukir liar di Jakarta Selatan dapat ditertibkan dan masyarakat dapat merasa aman dan nyaman saat parkir kendaraan.

Baca Juga  Intip 10 Fakta Aktris Cantik Amanda Rawles, Blasteran Australia dan Indonesia

Langkah Nyata Pemberantasan Jukir Liar

Penerapan sanksi Tipiring ini merupakan langkah nyata dari Pemprov DKI Jakarta untuk memberantas jukir liar di wilayahnya. Hal ini sejalan dengan komitmen Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, untuk menciptakan Jakarta yang lebih tertib dan nyaman bagi masyarakat.

Beberapa pihak menyambut baik langkah Sudinhub Jakarta Selatan ini. Ketua RW 03 Kelurahan Ciganjur, Jakarta Selatan, Endang, mengatakan bahwa jukir liar di wilayahnya sudah sangat meresahkan. “Jukir liar di sini tarifnya semaunya, kadang bisa sampai Rp 5.000. Padahal, seharusnya tarifnya hanya Rp 2.000,” ungkap Endang.

Endang berharap dengan penerapan sanksi Tipiring ini, jukir liar di wilayahnya dapat segera ditertibkan.

Komentar