Pemprov DKI Cekatan di Pembangunan MRT Fase 2A, Progres Capai 33,36%, Segmen 1 Ditargetkan Rampung 2027

Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, meninjau langsung perkembangan proyek MRT Fase 2A pada hari Rabu (17/4/2024).

Dalam kunjungannya, Heru optimis bahwa target penyelesaian proyek dapat tercapai sesuai jadwal. “Fase 2A sepanjang 5,8 Km dengan enam stasiun bawah tanah dan mencapai progres 33,36 persen dan ini untuk melengkapi transportasi yang sudah ada,” ungkap Heru.

Kemajuan signifikan ini tidak lepas dari kerja sama apik antara Pemprov DKI Jakarta dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah Jepang.

Dana pinjaman dari JICA (Japan International Cooperation Agency) menjadi salah satu faktor pendukung utama dalam mempercepat pembangunan MRT Fase 2A.

Sebagai bentuk keseriusan dalam menyelesaikan proyek ini, Pemprov DKI Jakarta telah menandatangani kontrak CP 205 dengan Sojitz Corporation pada 17 April 2024. Penandatanganan ini menandai dimulainya pembangunan sistem perkeretaapian dan rel untuk Fase 2A.

Pembangunan MRT Fase 2A tidak hanya berfokus pada penyelesaian infrastruktur, tetapi juga memperhatikan pengembangan kawasan di sekitarnya.

Konsep Transit Oriented Development (TOD) diterapkan untuk mengintegrasikan transportasi dengan pengembangan kawasan, sehingga menciptakan ekosistem yang ramah pejalan kaki dan berkelanjutan.

Segmen 1 Ditargetkan Rampung 2027

Pembangunan MRT Fase 2A dibagi menjadi dua segmen, yaitu Bundaran HI-Harmoni dan Harmoni-Kota. Segmen 1 Bundaran HI-Harmoni ditargetkan rampung pada tahun 2027, dengan rincian progres:

  • CP201 Thamrin-Monas: 74,02%
  • CP202 Harmoni-Mangga Besar: 28,34%

Sementara itu, segmen 2 Harmoni-Kota ditargetkan selesai pada tahun 2029.

Baca Juga  Kualitas Pelayanan Memukau, Imigrasi Jaksel Sabet Juara Kategori A "Kualitas Tertinggi"

Manfaat MRT Fase 2A Bagi Masyarakat

MRT Fase 2A diharapkan dapat memberikan berbagai manfaat bagi masyarakat, di antaranya:

  • Mengurangi kemacetan di kawasan Jakarta Pusat
  • Meningkatkan konektivitas antar wilayah
  • Mempermudah akses ke tempat wisata dan pusat bisnis
  • Mendukung gaya hidup ramah lingkungan
  • Meningkatkan nilai ekonomi kawasan sekitar

Upaya Pemprov DKI Mempercepat Pembangunan MRT Fase 2A

Selain menjalin kerjasama dengan pihak luar, Pemprov DKI Jakarta juga melakukan berbagai upaya internal untuk mempercepat pembangunan MRT Fase 2A, di antaranya:

  • Optimalisasi birokrasi: Mempermudah proses perizinan dan mempercepat pengadaan barang dan jasa.
  • Peningkatan koordinasi: Melakukan koordinasi intensif antar instansi terkait untuk memastikan kelancaran proyek.
  • Pemanfaatan teknologi: Menggunakan teknologi terkini untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembangunan.
  • Sosialisasi kepada masyarakat: Melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang manfaat dan dampak pembangunan MRT Fase 2A untuk mendapatkan dukungan dan partisipasi aktif.

Komitmen Pemprov DKI untuk Mewujudkan Transportasi Publik yang Berkelanjutan

Pembangunan MRT Fase 2A merupakan salah satu wujud komitmen Pemprov DKI Jakarta dalam menghadirkan transportasi publik yang berkelanjutan.

Upaya ini sejalan dengan visi dan misi Pemprov DKI Jakarta untuk menjadikan Jakarta sebagai kota yang ramah lingkungan, maju, dan sejahtera.

Diharapkan dengan selesainya pembangunan MRT Fase 2A, Jakarta dapat menjadi kota yang lebih modern, terhubung, dan ramah lingkungan.

MRT Fase 2A akan menjadi ikon baru yang menunjukkan kemajuan dan transformasi Jakarta menjadi kota metropolitan yang berkelanjutan.

Mari Kita Dukung Pembangunan MRT Fase 2A!

Pembangunan MRT Fase 2A membutuhkan dukungan dari semua pihak, baik pemerintah, swasta, maupun masyarakat.

Dengan bersama-sama mendukung proyek ini, kita dapat mewujudkan mimpi memiliki sistem transportasi publik yang handal, modern, dan ramah lingkungan di Jakarta.

Komentar