Kembali ke Jakarta Usai Mudik? Perhatikan Imbauan Ini dari Polresta Soetta

JAKARTA – Lebaran telah usai, momen indah bersama keluarga di kampung halaman kini tinggal kenangan. Saatnya kembali ke Jakarta usai mudik, namun jangan lupa perhatikan beberapa imbauan penting dari Polresta Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) untuk memastikan perjalanan mudik balik Anda aman dan nyaman.

Polresta Soetta Siap Layani Arus Balik Lebaran

Sejak tanggal 3 sampai dengan 13 April 2024, tercatat 1.634.474 penumpang pesawat telah memadati Bandara Soetta.

Diperkirakan jumlah ini akan terus meningkat pada arus balik Lebaran. Menyadari hal tersebut, Polresta Soetta telah menyiapkan berbagai fasilitas dan layanan untuk melancarkan arus balik mudik.

Fasilitas Lengkap dan Keamanan Terjamin

Pemudik yang kembali melalui Bandara Soetta dapat memanfaatkan berbagai fasilitas yang disediakan, seperti Posko Pelayanan (Posyan) di Terminal 3, Posko Pengamanan (Pospam) di Terminal 1, 2 dan 3, Posko Terpadu di Terminal 1, Call Center Halo Polisi 110, serta pelayanan pengamanan tertutup untuk mengantisipasi aksi kejahatan.

Pengaturan Lalu Lintas dan Personel Gabungan

Polresta Soetta juga melakukan pengaturan kelancaran lalu lintas pada arus balik ke arah Jakarta maupun arah Bandara Soetta, seiring dengan dioperasikannya jalur Little Semanggi atau east Flyover di Bandara Soetta.

Untuk menjaga keamanan dan kelancaran arus balik, 230 personel gabungan dari unsur TNI-Polri dan stakeholder di Bandara Soekarno Hatta disiagakan.

Imbauan Penting dari Polresta Soetta

  • Jaga Kesehatan dan Keselamatan Diri: Pastikan Anda dalam kondisi fit dan prima untuk menempuh perjalanan jauh. Hindari kelelahan dan patuhi protokol kesehatan selama perjalanan.
  • Ikuti Aturan Penerbangan: Pahami aturan penerbangan terkait barang bawaan, batas bagasi, dan ketentuan lainnya. Pastikan Anda tidak membawa barang terlarang atau berbahaya.
  • Ketahui Kategori Barang Bawaan: Pelajari kategori barang yang dilarang untuk diangkut oleh pesawat, seperti benda tajam, bahan peledak, dan cairan mudah terbakar.
  • Jaga Barang Berharga: Simpan barang berharga Anda dengan aman dan selalu awasi. Hindari membawa uang tunai dalam jumlah besar dan perhatikan barang bawaan Anda.
  • Patuhi Aturan Lalu Lintas: Selalu patuhi rambu-rambu lalu lintas dan berkendara dengan aman. Hindari mengemudi dengan ugal-ugalan dan perhatikan kondisi jalan.
  • Gunakan Layanan Polresta Soetta: Jika Anda membutuhkan bantuan, jangan ragu untuk menghubungi Call Center Halo Polisi 110 atau mendatangi Posyan dan Pospam yang tersedia di Bandara Soetta.
Baca Juga  Manfaat Telur Puyuh Bagi Mereka yang Sedang Diet: Sumber Nutrisi Berkualitas Tinggi

Pesan Kapolresta Soetta

Kapolresta Bandara Soetta, Kombes Pol Roberto Pasaribu, menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah dan mohon maaf lahir dan batin kepada seluruh masyarakat.

Beliau juga menghimbau para pemudik untuk tetap menjaga kesehatan dan keselamatan diri selama perjalanan mudik balik, serta mematuhi aturan penerbangan dan lalu lintas.

Situasi Arus Balik Lebaran 2024 di Bandara Soetta

Berdasarkan data dari Angkasa Pura II, arus balik di Bandara Soetta telah mengalami lonjakan penumpang sejak Kamis (11/4/2024) hingga hari Minggu (14/4/2024). Berikut rinciannya:

  • Kamis (11/4/2024): 121.325 orang
  • Jumat (12/4/2024): 133.923 orang
  • Sabtu (13/4/2024): 153.658 orang
  • Minggu (14/4/2024): 173.847 orang

Puncak arus balik di Bandara Soetta diprediksi terjadi pada Senin 15 April 2024. Polresta Soetta telah mempersiapkan personel dan strategi pengamanan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang di hari tersebut.

Imbauan Tambahan untuk Pemudik Motor

Bagi pemudik yang menggunakan kendaraan motor, Polresta Soetta menghimbau untuk:

  • Memastikan kondisi kendaraan dalam keadaan prima.
  • Memakai helm SNI dan perlengkapan berkendara yang lengkap.
  • Berkendara dengan hati-hati dan mematuhi aturan lalu lintas.
  • Hindari memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi.
  • Istirahatlah di tempat yang aman jika merasa lelah.

Mari Bersama Ciptakan Arus Balik Lebaran yang Aman dan Lancar

Dengan kerjasama dan kepatuhan dari semua pihak, diharapkan arus balik Lebaran 2024 di Bandara Soetta dapat berjalan dengan aman, lancar, dan kondusif.

Polresta Soetta berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para pemudik dan memastikan perjalanan mereka kembali ke Jakarta usai mudik.

Dengan mengikuti imbauan dari Polresta Soetta, diharapkan perjalanan mudik balik Anda dapat berjalan dengan aman, nyaman, dan lancar. Selamat kembali ke Jakarta dan semoga rutinitas Anda kembali menyenangkan!

Komentar