Misi Penyelamatan Amazon, $1.1 Miliar Ditujukan untuk Keanekaragaman Hayati

Misi Penyelamatan AmazonBrazil dan Prancis bergandengan tangan dalam program investasi untuk melindungi hutan hujan Amazon. Program senilai $1,1 miliar ini, diluncurkan pada Selasa (26/3), bertujuan untuk melestarikan hutan hujan yang vital bagi kesehatan planet ini.

Dana yang berasal dari sumber privat dan publik ini akan digunakan selama empat tahun ke depan. Pengumuman ini disampaikan di tengah kunjungan Presiden Prancis Emmanuel Macron ke Brazil, di mana ia bertemu dengan Presiden Brazil Luiz Inacio Lula da Silva.

Macron dan Lula mengunjungi proyek pengembangan berkelanjutan dalam produksi coklat di sebuah pulau dekat Belem. Mereka juga bertemu dengan para tetua masyarakat adat, termasuk Raoni Metuktire, pemimpin masyarakat adat Kayapo yang terkenal dengan perjuangannya melindungi hutan hujan dan hak-hak masyarakat adat.

Macron memberikan penghargaan National Order of the Legion of Honor kepada Raoni. Penghargaan tertinggi dari Prancis ini diberikan atas dedikasinya dalam melindungi hutan hujan dan hak-hak masyarakat adat.

Raoni, yang telah menjadi ikon global dalam perjuangannya, menyerahkan dokumen kepada Macron yang mengecam rencana pembangunan rel kereta api. Rel kereta api ini didukung oleh para petani kedelai di Brazil, dan menurut Raoni, pembangunannya akan berdampak negatif pada lingkungan dan masyarakat adat.

Program investasi ini merupakan langkah penting dalam upaya melindungi hutan hujan Amazon. Hutan hujan Amazon adalah hutan hujan terbesar di dunia dan memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan iklim global.

Program ini diharapkan dapat:

  • Melestarikan keanekaragaman hayati di hutan hujan Amazon.
  • Mendukung pengembangan ekonomi berkelanjutan bagi masyarakat adat.
  • Meningkatkan kesadaran tentang pentingnya melindungi hutan hujan Amazon.

Kerjasama antara Brazil dan Prancis ini merupakan contoh positif dari bagaimana negara-negara dapat bekerja sama untuk mengatasi tantangan global. Upaya melindungi hutan hujan Amazon adalah tanggung jawab bersama, dan program ini merupakan langkah maju yang signifikan dalam upaya tersebut.

Baca Juga  Harga Bitcoin Anjlok Hingga US$20 Ribu, Ini Adalah Harga Terendah Dalam 18 Bulan

Hutan hujan Amazon, paru-paru dunia, kini mendapat angin segar melalui program investasi senilai $1,1 miliar hasil kerjasama Brazil dan Prancis. Dana ini akan digunakan untuk melestarikan keanekaragaman hayati, mendukung pengembangan ekonomi berkelanjutan bagi masyarakat adat, dan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya melindungi hutan hujan Amazon.

Kerjasama ini merupakan contoh positif bagaimana negara-negara dapat bersatu untuk mengatasi tantangan global. Namun, perjuangan ini tak berhenti di sini. Masih banyak yang harus dilakukan untuk memastikan masa depan Amazon yang lestari. Upaya kolektif dan berkelanjutan dari berbagai pihak, termasuk masyarakat adat, sangatlah dibutuhkan untuk melindungi harta karun bumi ini.

Mari kita bersama-sama mendukung upaya pelestarian hutan hujan Amazon demi masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan.

Kerjasama antara Brazil dan Prancis ini merupakan contoh positif dari bagaimana negara-negara dapat bekerja sama untuk mengatasi tantangan global. Upaya melindungi hutan hujan Amazon adalah tanggung jawab bersama, dan program ini merupakan langkah maju yang signifikan dalam upaya tersebut.

Komentar