Pj Gubernur Heru Prioritaskan Kesejahteraan Warga, Sepakati 3 Perda Strategis dengan DPRD

Jakarta – Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kesejahteraan warga dengan sepakati 3 Perda strategis dengan DPRD Provinsi DKI Jakarta pada Rapat Paripurna yang diadakan Rabu (20/3).

Ketiga Raperda tersebut meliputi:

1. Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil

Perda ini bertujuan untuk memperbarui regulasi terkait administrasi kependudukan di Jakarta yang semakin berkembang pesat.

Pj Gubernur Heru menegaskan bahwa Perda lama (Perda Nomor 2 Tahun 2011) sudah tidak relevan dengan kondisi saat ini, sehingga diperlukan regulasi baru yang lebih adaptif dan mendukung kemajuan kota.

2. Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK)

Perubahan Perda Nomor 5 Tahun 2010 tentang LMK ini fokus pada peningkatan efektivitas dan efisiensi lembaga tersebut dalam menjalankan fungsinya.

Beberapa poin penting dalam revisi ini termasuk pelarangan rangkap jabatan dan keanggotaan partai politik bagi anggota LMK, penyesuaian persyaratan calon anggota, serta penegasan mengenai masa bakti, Pergantian Antar Waktu (PAW), kedudukan sekretariat, dan ketentuan peralihan.

3. Pengelolaan Kepulauan Seribu

Pencabutan Perda Nomor 11 Tahun 1992 tentang Penataan dan Pengelolaan Kepulauan Seribu Kotamadya Jakarta Utara digantikan dengan Perda baru yang dirancang untuk mendukung kemudahan investasi dan pembangunan di wilayah tersebut.

Pj Gubernur Heru menekankan bahwa Perda ini sejalan dengan transformasi kebijakan di berbagai sektor, termasuk penataan ruang, dan diharapkan dapat mendorong pengembangan pariwisata serta pembangunan berkelanjutan di Kepulauan Seribu.

Apresiasi dan Harapan

Pj Heru Budi Hartono mengapresiasi sinergi dan kerjasama yang terjalin antara Pemprov DKI Jakarta dan DPRD dalam menyelesaikan pembahasan tentang sepakati 3 Perda strategis dengan DPRD.

Beliau berharap kesepakatan ini dapat menjadi langkah nyata dalam mewujudkan pembangunan Kota Jakarta yang berkeadilan, berketahanan, dan berkelanjutan, dengan fokus utama pada peningkatan kesejahteraan seluruh warga.

Baca Juga  Kualitas Pelayanan Memukau, Imigrasi Jaksel Sabet Juara Kategori A "Kualitas Tertinggi"

Dampak Positif

Ketiga Raperda yang disepakati ini diharapkan dapat membawa dampak positif bagi masyarakat Jakarta, di antaranya:

  • Efisiensi dan efektivitas administrasi kependudukan.
  • Penguatan peran LMK sebagai mitra pemerintah dalam menampung aspirasi dan memberdayakan masyarakat.
  • Meningkatnya investasi dan pembangunan di Kepulauan Seribu.
  • Terciptanya lapangan kerja dan peluang ekonomi baru.
  • Peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan warga Jakarta.

Dukungan dan Partisipasi Masyarakat

Pj Gubernur Heru mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung dan berpartisipasi dalam implementasi Raperda tersebut. Masyarakat dapat memberikan masukan dan saran konstruktif untuk memastikan program-program yang dijalankan Pemprov DKI Jakarta tepat sasaran dan memberikan manfaat optimal bagi semua pihak.

Implementasi dan Target

Pj Gubernur Heru Budi Hartono menekankan pentingnya implementasi yang cepat dan efektif dari sepakati 3 Perda strategis dengan DPRD.

Beliau telah menginstruksikan jajaran Pemprov DKI Jakarta untuk segera menyusun langkah-langkah konkrit dan target yang terukur dalam merealisasikan program-program yang tercantum dalam Raperda.

Berikut adalah beberapa target yang dicanangkan:

Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil

  • Meningkatkan cakupan dan akurasi data kependudukan.
  • Mempermudah dan mempercepat proses pelayanan administrasi kependudukan.
  • Menerapkan sistem digitalisasi untuk layanan administrasi kependudukan.

Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK)

  • Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam perumusan kebijakan di tingkat kelurahan.
  • Memperkuat peran LMK dalam mengawasi kinerja pemerintah di tingkat kelurahan.
  • Meningkatkan kualitas dan akuntabilitas program-program yang dijalankan oleh LMK.

Pengelolaan Kepulauan Seribu

  • Meningkatkan investasi di sektor pariwisata dan pembangunan di Kepulauan Seribu.
  • Menciptakan lapangan kerja dan peluang ekonomi baru bagi masyarakat Kepulauan Seribu.
  • Meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat Kepulauan Seribu.

Monitoring dan Evaluasi

Pj Gubernur Heru juga menegaskan pentingnya monitoring dan evaluasi yang berkelanjutan untuk memastikan efektivitas implementasi ketiga Raperda tersebut.

Baca Juga  Teknologi 5G Mulai Diluncurkan di Indonesia, Berpotensi Mengubah Lanskap Digital

Beliau akan secara berkala memantau kemajuan program dan memberikan arahan kepada jajaran Pemprov DKI Jakarta untuk memastikan target yang ditetapkan tercapai.

Heru Budi Hartono sepakati 3 Perda Strategis dengan DPRD DKI Jakarta merupakan langkah penting dalam mewujudkan visi dan misi pembangunan Jakarta yang berkelanjutan dan berpihak pada kesejahteraan rakyat. Dukungan dan partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat menjadi kunci utama dalam mencapai tujuan tersebut.

Komentar