Kontroversi Larangan Iftar di Pertandingan Sepak Bola Prancis: FFF Tetap Tolak Hentikan Pertandingan

Warta Jakarta – Federasi Sepak Bola Prancis (FFF) kembali menuai kontroversi terkait aturannya selama bulan Ramadhan. FFF menegaskan bahwa mereka tidak akan menghentikan pertandingan “secara pasti” untuk mengizinkan pemain Muslim berbuka puasa.

Keputusan ini dikomunikasikan kepada klub dan wasit, dan memicu perdebatan sengit di kalangan komunitas sepak bola. Banyak yang mempertanyakan sikap FFF yang dianggap tidak toleran terhadap pemain Muslim yang ingin menjalankan ibadah puasa.

Para pemain Muslim di Ligue 1, liga sepak bola tertinggi Prancis, akan dihadapkan pada situasi sulit. Klub-klub kemungkinan besar akan menekan mereka untuk berbuka puasa selama latihan atau pertandingan.

Sorotan tertuju pada beberapa pemain Muslim ternama, seperti Amine Gouiri dan Saïd Benrahma dari tim nasional Aljazair, yang dikenal teguh dalam menjalankan ibadah puasa meskipun mendapat tekanan. Pemain lain yang patut diperhatikan adalah bintang Yordania, Moussa Al-Taamari dari Montpellier.

Alasan FFF

FFF berdalih bahwa menghentikan pertandingan untuk berbuka puasa akan mengganggu kelancaran pertandingan dan berpotensi memberikan keuntungan tidak adil bagi tim yang memiliki banyak pemain Muslim.

Keputusan FFF menuai kritik pedas dari berbagai pihak, termasuk organisasi Islam, aktivis, dan penggemar sepak bola. Mereka menilai FFF tidak menghormati keragaman dan kebebasan beragama.

Beberapa liga sepak bola di negara lain, seperti Liga Inggris, memiliki kebijakan yang lebih akomodatif terhadap pemain Muslim. Di Liga Inggris, wasit diinstruksikan untuk menghentikan pertandingan sejenak untuk memungkinkan pemain Muslim berbuka puasa.

  • Akankah FFF meninjau kembali keputusannya di tengah kontroversi ini?
  • Bagaimana para pemain Muslim di Ligue 1 akan menyikapi aturan ini?
  • Apakah FFF perlu mempertimbangkan nilai-nilai toleransi dan inklusi dalam membuat kebijakan?

Baca Juga  Optimisme Tinggi Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, Terkait Skuat Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia

Komentar