Daftar Pesawat Terbesar Dunia yang Berhasil Mengudara

Daftar Pesawat TerbesarPada tanggal 9 Maret 2024, Roc Stratolaunch berhasil melakukan lepas landas sukses dari Pelabuhan Udara dan Luar Angkasa Mojave di California. Ini merupakan penerbangan bertenaga roket pertama bagi pesawat ini, menandai sebuah tonggak sejarah dalam eksplorasi luar angkasa.

Pesawat pengangkut berbadan ganda ini, yang dikenal karena kemampuannya dalam membawa muatan berat untuk peluncuran roket, turut membawa kendaraan luar angkasa bernama TA-1 dalam penerbangannya. TA-1 dirancang sebagai uji coba kecepatan hipersonik dan diluncurkan melalui udara setelah lepas landas.

Roc Stratolaunch didesain secara khusus untuk mengangkut roket. Dilengkapi dengan 6 mesin Pratt & Whitney 4056 yang mampu memberikan tenaga 252,4 kilonewton per mesin, pesawat ini menjadi salah satu kekuatan utama dalam penjelajahan luar angkasa.

Spesifikasi Stratolaunch

Pesawat Stratolaunch menonjol dengan desain uniknya yang terdiri dari dua badan pesawat yang disatukan oleh sayap yang sangat panjang. Dengan panjang badan mencapai 73 meter dan rentang sayap mencapai 117 meter, pesawat ini memang layak disebut sebagai salah satu pesawat terbesar di dunia.

Pesawat Terbesar Lainnya di Dunia

Stratolaunch memimpin daftar pesawat terbesar di dunia, tetapi tidak sendirian dalam dunia penerbangan yang penuh prestasi. Berikut adalah beberapa pesawat lainnya yang patut diperhitungkan:

1. Hughes H-4 Hercules (Spruce Goose)

Hughes H-4 Hercules, atau yang dikenal sebagai Spruce Goose, merupakan salah satu pesawat terbesar yang pernah dibuat. Dibangun selama Perang Dunia II untuk keperluan transportasi pasukan Amerika, Spruce Goose memiliki panjang 66,65 meter dan rentang sayap 97,82 meter. Meskipun hanya terbang sekali pada tahun 1947, pesawat ini tetap menjadi ikon dalam sejarah penerbangan.

2. Boeing Dreamlifter

Baca Juga  Pentingnya Tengok Belakang Sebelum Berkendara di Jalan Raya

Boeing Dreamlifter, juga dikenal sebagai Boeing 747-400LCF, adalah pesawat kargo yang dirancang khusus untuk mengangkut bagian-bagian pesawat Boeing lainnya. Dengan panjang 71,68 meter dan lebar sayap 64,44 meter, pesawat ini menjadi tulang punggung dalam distribusi komponen pesawat terbesar di dunia.

3. Airbus Beluga XL

Airbus Beluga XL adalah pesawat kargo yang dibangun berdasarkan platform Airbus A330-200 yang dimodifikasi untuk menampung muatan yang lebih besar. Dengan panjang 63,1 meter dan lebar sayap 60,3 meter, pesawat ini menjadi tulang punggung dalam distribusi komponen pesawat Airbus.

4. Lockheed C-5 Galaxy

Lockheed C-5 Galaxy adalah pesawat kargo militer Amerika yang memiliki panjang 75,3 meter dan rentang sayap 67,9 meter. Didesain untuk mengangkut muatan berat, pesawat ini memainkan peran penting dalam logistik militer.

5. Antonov An-225 Mriya

Antonov An-225 Mriya, sebelum dihancurkan pada tahun 2022, adalah pesawat kargo terbesar yang pernah dibuat. Dengan panjang 84 meter dan rentang sayap 88,4 meter, pesawat ini menjadi legenda dalam dunia penerbangan.

Masa Depan Penjelajahan Luar Angkasa

Keberhasilan lepas landas Roc Stratolaunch menjadi tonggak penting dalam eksplorasi luar angkasa. Dengan pesawat terbesar di dunia dan kendaraan luar angkasa yang semakin maju, masa depan penjelajahan luar angkasa tampak semakin cerah.

Komentar