Solusi Air Mikroplastik, Merebus Air Dapat Menghilangkan Nano dan Mikroplastik

Solusi Air MikroplastikNano dan mikroplastik (NMP) telah menjadi ancaman serius terhadap lingkungan, ditemukan di air, tanah, dan udara. Meskipun berbagai cara telah diusulkan untuk mengatasi masalah ini, sebuah penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam Environmental Science & Technology Letters dari ACS mengungkapkan bahwa merebus dan menyaring air keran yang mengandung kalsium dapat menjadi solusi efektif untuk menghilangkan hampir 90% nano dan mikroplastik yang tersebar.

Kontaminasi air dengan NMP, yang ukuran diameternya sekecil seperseribu milimeter hingga sebesar 5 milimeter, menjadi semakin umum. Meskipun dampak kesehatan manusia masih dalam penyelidikan, penelitian menunjukkan bahwa konsumsi NMP dapat mempengaruhi mikrobioma usus.

Sistem penyaringan air minum yang canggih dapat menangkap NMP, tetapi metode yang sederhana dan ekonomis sangat diperlukan untuk mengurangi konsumsi plastik manusia secara signifikan. Para peneliti, termasuk Zhanjun Li, Eddy Zeng, dan rekan, menjalankan penelitian ini dengan tujuan mengeksplorasi apakah merebus air dapat menjadi metode efektif untuk mengatasi masalah NMP di air minum.

Proses Penelitian dan Temuan

Para peneliti mengumpulkan sampel air keran dari Guangzhou, Tiongkok, dan menambahkan jumlah NMP yang berbeda ke dalamnya. Sampel tersebut kemudian direbus selama lima menit dan didinginkan. Selanjutnya, tim mengukur kandungan plastik yang mengambang bebas.

Selama perebusan, air sadah yang kaya mineral membentuk kerak kapur atau kalsium karbonat (CaCO3). Hasil penelitian menunjukkan bahwa seiring dengan peningkatan suhu air, CaCO3 membentuk struktur kristal atau incrustant yang membungkus partikel plastik.

Eddy Zeng menjelaskan bahwa seiring berjalannya waktu, incrustant ini akan menumpuk seperti kerak kapur biasa, yang kemudian dapat dihilangkan untuk membersihkan NMP. Sisa-sisa plastik yang mengambang di air dapat dihilangkan dengan menuangkannya melalui filter sederhana, seperti filter kopi.

Baca Juga  Sinusitis: Gejala, Penyebab, Pengobatan, dan Pencegahan

Hasil dan Implikasi

Dalam uji coba, efek enkapsulasi lebih terlihat pada air sadah. Dalam sampel yang mengandung 300 miligram CaCO3 per liter air, sekitar 90% NMP yang mengambang bebas berhasil dihilangkan setelah proses perebusan.

Bahkan dalam sampel air “lembut” dengan kandungan CaCO3 kurang dari 60 miligram per liter, proses merebus masih mampu menghilangkan sekitar 25% NMP. Para peneliti menyatakan bahwa penelitian ini menawarkan metode yang sederhana namun efektif untuk mengurangi konsumsi NMP dalam air minum.

Implikasi Lingkungan dan Dampak Kesehatan

Pendekatan ini dapat memiliki dampak positif terhadap lingkungan dengan mengurangi keberadaan plastik mikro dalam air minum. Meskipun masih perlu penelitian lebih lanjut untuk memahami secara menyeluruh dampak kesehatan dari konsumsi NMP, langkah-langkah pencegahan seperti ini dapat menjadi langkah awal menuju pengurangan risiko yang mungkin timbul.

Sebagai solusi yang sederhana dan murah, merebus air sebelum dikonsumsi dapat menjadi langkah preventif yang dapat diadopsi oleh masyarakat untuk melindungi diri mereka dari paparan NMP. Penelitian ini membuka pintu untuk inovasi lebih lanjut dalam upaya mengatasi masalah plastik mikro dalam lingkungan dan mendorong kesadaran akan pentingnya praktik-praktik sederhana dalam perlindungan lingkungan kita.

Komentar