Kuliner Unik Gombelwakcukdongti, Nasi Belut Sambal Kluwak yang Viral di Madiun

Kuliner Unik GombelwakcukdongtiKabupaten Madiun, Jawa Timur, dikenal dengan beragam kuliner khasnya. Namun, belakangan ini, satu menu kuliner unik mencuri perhatian dan menjadi viral di kalangan warga lokal maupun wisatawan. Menu tersebut adalah Nasi Belut Sambal Kluwak buatan Sri Martini, yang diberi nama Gombelwakcukdongti. Sambal hitam ini tidak hanya terkenal karena teksturnya yang lembut, tetapi juga karena rasa pedasnya yang bikin ketagihan. Dengan tambahan belut goreng yang gurih, menu ini berhasil mengguncang lidah para penikmat kuliner.

Gombelwakcukdongti bukan sekadar sajian biasa, namun sebuah karya kuliner yang unik dan memikat selera. Sri Martini, perempuan paro baya yang menjadi kreator kuliner ini, mengungkapkan bahwa sambal hitam yang dihasilkan bukan berasal dari kecap, melainkan dari kluwak. Kluwak adalah salah satu bumbu tradisional yang memberikan warna hitam pekat pada sambal ini. Kombinasi unik dari sambal kluwak, nasi hangat yang disajikan di atas daun jati, dan belut goreng menjadi ciri khas dari Gombelwakcukdongti.

“Saya menamai menu ini Gombelwakcukdongti, yang merupakan kependekan dari sego sambel kluwak pincuk godhong jati,” jelas Sri Martini dengan penuh keceriaan.

Menu ini disajikan dengan berbagai lauk dan sayuran, seperti tempe, telur, patin, lele, belut, dan sayur ubi jalar. Gombelwakcukdongti bukan hanya sekadar makanan, melainkan sebuah pengalaman kuliner yang melibatkan rasa, aroma, dan tampilan yang menarik.

Cara Pembuatan Gombelwakcukdongti

Proses pembuatan Gombelwakcukdongti tidak jauh berbeda dengan membuat sambal ulek pada umumnya. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain kluwak, bawang putih, garam, dan cabai rawit. Sri Martini telah mengolah dan menyajikan menu ini selama hampir lima tahun terakhir di angkringan yang berada di depan rumahnya. Keunikan rasa sambal kluwak dan kelezatan belut goreng memikat hati banyak penikmat kuliner.

Baca Juga  Anti Pungli Parkir Resahkan Pemudik, Kemenparekraf Perketat Pengawasan di Destinasi Wisata!

Perjalanan Viralitas Gombelwakcukdongti

Viralitas Gombelwakcukdongti tidak terlepas dari media sosial. Menurut Sri Martini, kepopuleran menu ini bermula saat Erni, istri Wakil Bupati Madiun Hari Wuryanto yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua PKK, mencicipi sambal kluwak tersebut. Erni kemudian membagikan pengalamannya melalui postingan di media sosial. Sejak saat itu, Gombelwakcukdongti semakin dikenal dan diminati oleh berbagai kalangan, baik dari warga lokal maupun wisatawan yang berkunjung ke Madiun.

Cara Menikmati Gombelwakcukdongti

Ada beberapa cara penyajian untuk menikmati Gombelwakcukdongti. Pertama, bisa langsung dinikmati dengan nasi dan lauk yang disediakan. Kedua, sambalnya bisa dibeli terpisah dalam kemasan kaleng untuk dibawa pulang atau dikirim ke luar kota. Ini memberikan fleksibilitas bagi para penggemar kuliner Gombelwakcukdongti yang ingin menikmatinya kapan pun dan di mana pun.

Keunikan Rasa Gombelwakcukdongti

Menurut Sri Martini, Gombelwakcukdongti memiliki keunikan rasa yang membuatnya berbeda dari sambal-sambal lainnya. Rasa lembut dan gurih dari sambal kluwak menjadi ciri khas utama yang membedakan Gombelwakcukdongti. Pembeli yang sudah mencoba menyatakan bahwa teksturnya lebih lembut dan memiliki gurih yang berbeda dari sambal biasa.

Harga dan Varian Menu

Sri Martini menjual satu porsi Gombelwakcukdongti dengan harga mulai dari Rp 20 ribu hingga Rp 22 ribu per porsi, tergantung dari lauk pauk yang diminta. Produk sambalnya saja dijual seharga Rp 35 ribu per kaleng. Produk ini memiliki masa kedaluwarsa sekitar satu minggu jika disimpan dalam lemari es, dan sehari jika disimpan pada suhu ruangan. Hal ini karena sambal ini dibuat tanpa bahan pengawet, sehingga tetap menjaga keaslian dan kualitas rasa.

Minuman Pendamping

Untuk menyempurnakan pengalaman kuliner Gombelwakcukdongti, Sri Martini juga menyajikan minuman khas bernama Jarecuruk. Jarecuruk adalah minuman jahe sere kencur dengan tambahan jeruk dan gula aren untuk memberikan rasa yang lebih lezat. Minuman ini menjadi pelengkap yang cocok untuk menetralkan kepedasan sambal kluwak dan memberikan kesegaran pada lidah.

Baca Juga  Detective Pikachu Kembali dengan Cerita Animasi "Detective Pikachu & Misteri Hilangnya Flan"

Peminat dari Berbagai Kalangan

Gombelwakcukdongti tidak hanya diminati oleh masyarakat umum, namun juga menarik perhatian pejabat pemerintahan, termasuk anggota dewan. Sri Martini menceritakan bahwa banyak pejabat dari Pemerintah Kabupaten Madiun dan anggota dewan yang menjadi langganan di tempatnya. Bahkan, ada pengiriman ke luar kota, khususnya ke Jakarta dan Klaten, yang semakin menunjukkan popularitas Gombelwakcukdongti di tingkat nasional.

Gombelwakcukdongti bukan hanya sebuah menu kuliner, tetapi sebuah warisan kuliner yang menghadirkan sensasi rasa yang unik dan menggoda. Keberhasilan Sri Martini menciptakan sajian ini dan popularitasnya yang terus meningkat menunjukkan bahwa kuliner tradisional dengan sentuhan kreativitas dapat menjadi daya tarik yang kuat di tengah pesatnya perkembangan tren kuliner. Bagi para pecinta kuliner yang mencari pengalaman berbeda, Gombelwakcukdongti di Desa Sirapan, Madiun, adalah pilihan yang tepat untuk menggoyang lidah dan memanjakan selera.

Komentar