Medis India Termurah Dunia, Menang dari Malaysia dan Singapore

Medis India Termurah DuniaPada Indonesia-India Health Business Forum yang diselenggarakan di Kedutaan India di Jakarta pada Selasa (27/2/2024), Duta Besar India untuk Indonesia, Shri Sandeep Chakravorty, mengungkapkan bahwa India bukan hanya destinasi wisata medis alternatif, tetapi juga menjanjikan biaya yang lebih ekonomis dibandingkan dengan Malaysia dan Singapura, yang biasanya menjadi tujuan utama wisata medis warga negara Indonesia.

Chakravorty dengan tegas menyatakan, “Layanan kesehatan berkualitas tinggi di India adalah yang termurah di dunia. Tidak ada keraguan tentang hal itu.” Pernyataan ini menciptakan perspektif baru terkait pilihan bagi warga Indonesia yang mencari perawatan kesehatan berkualitas tanpa harus mengeluarkan biaya yang terlalu tinggi.

Satu keunggulan utama layanan kesehatan di India yang ditekankan oleh Duta Besar adalah sertifikat Joint Commission International (JCI) yang dimiliki oleh rumah sakit di negaranya. Sertifikasi ini menandakan bahwa rumah sakit tersebut memenuhi standar kualitas dan keamanan pelayanan kesehatan internasional. Chakravorty menekankan bahwa rumah sakit di India memiliki dokter-dokter yang sangat kompeten dan terampil.

“Jadi, keahlian kami dalam teknologi maju dan pengobatan canggih sangat-sangat tinggi. Bahkan di Singapura, Anda mungkin mengeluarkan lebih banyak uang, tetapi pada akhirnya Anda akan dirawat oleh dokter India,” ungkapnya.

Keahlian dokter India terkenal hingga ke tingkat internasional, terbukti dengan fakta bahwa di Amerika Serikat, setiap enam dokter, salah satunya berasal dari India. Faktor ini memberikan kepercayaan tambahan bagi warga Indonesia yang mencari perawatan kesehatan yang berkualitas.

Meskipun promosi India sebagai destinasi wisata medis bukan hal baru, pernyataan dari Duta Besar India tersebut memberikan dorongan lebih lanjut untuk mempertimbangkan India sebagai alternatif yang lebih terjangkau. Hal ini khususnya penting mengingat bahwa sebelumnya Malaysia dan Singapura telah menjadi pilihan utama bagi warga Indonesia yang mencari pengobatan di luar negeri.

Baca Juga  12 Proyek Dicabut dari Daftar PSN, Ekonom: Hemat Anggaran Tapi Bisa Hambat Konektivitas

Namun, tidak hanya sebagai destinasi wisata medis, India juga menunjukkan keinginan untuk menjalin kerja sama lebih erat dengan Indonesia di bidang kesehatan. Chakravorty menyebut bahwa perubahan dalam hukum sekarang memungkinkan dokter India untuk bekerja sama dengan dokter Indonesia di wilayah perdagangan bebas.

“Hukum telah diubah sekarang. Hal ini akan memungkinkan dokter India untuk bekerja dengan dokter Indonesia di wilayah perdagangan bebas,” katanya. Ini menciptakan peluang bagi kedua negara untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan teknologi dalam dunia kesehatan.

Dalam upayanya menjalin kemitraan, Chakravorty mengutarakan keinginan India untuk memperkenalkan dokter-dokter Indonesia ke India untuk menjalani pelatihan. Langkah ini diharapkan dapat memperkaya pengetahuan dokter Indonesia, membangun kapasitas, dan meningkatkan keterampilan mereka.

Meskipun pilihan wisata medis ke India dapat dianggap sebagai langkah yang tidak konvensional, namun dengan dukungan kedua pemerintah dan fokus pada kualitas pelayanan kesehatan, India bisa menjadi alternatif yang menjanjikan. Kesempatan untuk meraih layanan medis berkualitas dengan biaya yang lebih ekonomis dapat memberikan opsi yang lebih luas bagi warga Indonesia.

Situasi ini juga menciptakan tantangan bagi destinasi wisata medis lainnya, seperti Malaysia dan Singapura, untuk terus meningkatkan daya saing mereka dalam menawarkan layanan kesehatan yang kompetitif. Hal ini juga dapat mendorong negara-negara lain untuk meningkatkan kualitas dan aksesibilitas layanan kesehatan mereka agar dapat bersaing dalam industri wisata medis yang semakin berkembang.

Seiring berjalannya waktu, dapat diantisipasi bahwa pilihan wisata medis ke India akan menjadi pembicaraan yang lebih sering, dan potensi kerja sama bilateral antara India dan Indonesia di sektor kesehatan dapat membuka pintu bagi kemajuan yang lebih besar di masa depan.

Komentar