Google Rilis Versi Developer Preview Android 15 dengan Fitur Baru “Cooldown Notification” untuk Mengatasi Notifikasi Berlebih

Google merilis versi developer preview (DP) pertama untuk Android 15 dengan fitur cooldown notification yang berguna untuk menurunkan volume notifikasi berturut-turut dari aplikasi secara otomatis. Melansir Android Police pada Sabtu (17/2/2024), fitur baru ini akan menjadi solusi bagi pengguna yang sering terganggu oleh notifikasi berlebih dari aplikasi chatting favorit mereka.

Meskipun Android 14 telah memiliki fitur pengaturan notifikasi yang membantu menyaring notifikasi yang tidak diinginkan, fitur cooldown notification di Android 15 dirancang khusus untuk mengatasi spam notifikasi dari aplikasi chat yang kerap mengganggu.

Dalam penggunaan sehari-hari, pengguna smartphone sering kali menghadapi situasi di mana aplikasi chatting atau aplikasi lainnya secara berulang kali mengirim notifikasi, mengganggu konsentrasi dan aktivitas pengguna. Meskipun pengaturan notifikasi ada untuk membantu, menggunakan fitur cooldown notification akan lebih efektif karena secara otomatis akan menurunkan volume notifikasi dari aplikasi yang sama setelah menerima notifikasi berturut-turut.

Versi pratinjau pengembang pertama Android 15 diluncurkan pada Jumat (16/2/204) dan fitur cooldown notification dapat diakses melalui halaman pengaturan notifikasi utama, di bawah Pengaturan → Notifikasi → Cooldown Notification. Meskipun belum ada tombol sakelar atau cara lain untuk mengaktifkan fitur ini, deskripsi fitur tersebut sesuai dengan apa yang kita lihat di Android 14 beta tahun lalu.

Sebelumnya, pakar Android Mishaal Rahman juga telah menemukan solusi efektif dalam Android 14 yang akan menurunkan volume notifikasi saat menerima terlalu banyak notifikasi berturut-turut dari aplikasi yang sama. Hal ini menunjukkan upaya Google dalam meningkatkan pengalaman pengguna dengan memperkenalkan fitur-fitur baru yang lebih efektif dalam mengelola notifikasi di platform Android.

Dengan demikian, fitur cooldown notification di Android 15 menjadi langkah yang tepat dalam menanggapi masalah notifikasi yang mengganggu. Fitur ini akan memberikan pengguna lebih banyak kendali atas notifikasi yang mereka terima, sehingga mereka dapat lebih fokus pada aktivitas mereka tanpa terganggu oleh notifikasi yang berlebihan.

Baca Juga  TECNO Menggelar Workshop CAMON Days untuk Meningkatkan Keterampilan Pembuatan Konten dengan Smartphone Terbaru

Namun, belum ada informasi yang jelas mengenai cara pengguna dapat mengaktifkan fitur ini di perangkat mereka. Terdapat harapan bahwa fitur tersebut akan tersedia dalam versi berikutnya sebelum versi beta publik dirilis. Para pengguna Android tentu akan menantikan informasi lebih lanjut mengenai fitur ini dan bagaimana cara menggunakannya.

Dengan adanya langkah-langkah ini, Google terus menunjukkan komitmennya untuk meningkatkan pengalaman pengguna Android dengan menyediakan fitur-fitur yang berguna dan inovatif. Diharapkan bahwa dengan adanya fitur cooldown notification, pengguna Android akan lebih nyaman dan efisien dalam menggunakan perangkat mereka tanpa terganggu oleh notifikasi yang berlebihan.

Adanya fitur cooldown notification ini juga menunjukkan respons positif dari Google terhadap umpan balik pengguna mengenai pengalaman notifikasi di Android. Dengan semakin kompleksnya aplikasi dan interaksi pengguna dengan perangkat mereka, penting bagi sistem operasi untuk terus berkembang dan menawarkan solusi yang dapat mengurangi gangguan serta meningkatkan produktivitas.

Sebagai bagian dari versi developer preview pertama, fitur cooldown notification menjadi salah satu dari sekian banyak perubahan dan peningkatan yang dihadirkan oleh Android 15. Pengembang dan pengguna akan terus mengikuti perkembangan sistem operasi ini, serta menantikan fitur-fitur baru yang mungkin akan ditambahkan pada versi beta dan akhirnya versi publiknya.

Dengan demikian, Android 15 tidak hanya akan membawa peningkatan dalam hal performa dan keamanan, tetapi juga dalam hal pengalaman pengguna sehari-hari, terutama dalam hal pengelolaan notifikasi yang lebih baik.

Komentar