Minum Teh Tiga Kali Sehari Dapat Membantu Memperlambat Penuaan Biologis

Para ilmuwan percaya bahwa ada hubungan antara hidup lebih lama dan minum teh, tetapi semuanya tergantung pada “dosis yang tepat”.

Penelitian mereka menunjukkan bahwa minum tiga cangkir teh dapat membantu memperlambat “penuaan biologis”, dan menyarankan bahwa teh hitam mengandung mineral yang terkait dengan kesehatan jantung, otak, dan usus.

Para peneliti di Universitas Sichuan di Chengdu, China, melihat data dari 5.998 orang Inggris berusia 37 hingga 73 tahun serta 7.931 orang berusia 30 hingga 79 tahun di China.

Para ahli menyimpulkan bahwa mereka yang minum teh menunjukkan tanda-tanda “penuaan biologis yang lebih lambat”.

Para ilmuwan mengatakan bahwa “konsumsi sekitar 3 cangkir teh atau 6 hingga 8 gram daun teh per hari menunjukkan manfaat anti-penuaan yang lebih kuat”.

Mereka juga menemukan bahwa mereka yang kemudian berhenti minum teh menunjukkan “peningkatan yang lebih tinggi dalam percepatan penuaan biologis”.

Para peneliti menunjukkan bahwa “polifenol yang ditemukan dalam teh, memiliki efek penting dalam mengatur perubahan yang terkait dengan usia, metabolisme, dan fungsi kognitif”.

Penelitian ini diterbitkan dalam jurnal Nature Communications.

Penelitian ini memberikan bukti bahwa minum teh dapat membantu memperlambat penuaan biologis, tetapi lebih banyak penelitian masih diperlukan untuk mengonfirmasi temuan ini.

Salah satu keterbatasan penelitian ini adalah bahwa ia hanya melihat hubungan antara konsumsi teh dan penuaan biologis, dan tidak dapat membuktikan bahwa teh adalah penyebabnya.

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk melihat apakah minum teh benar-benar dapat memperlambat penuaan biologis, dan untuk menentukan apakah ada jenis teh atau jumlah konsumsi yang optimal.

Manfaat Lain dari Minum Teh

Selain potensi manfaatnya untuk memperlambat penuaan biologis, minum teh juga dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan lainnya, termasuk:

  • Mengurangi risiko penyakit jantung
  • Mengurangi risiko stroke
  • Mengurangi risiko kanker
  • Meningkatkan fungsi otak
  • Meningkatkan kesehatan tulang
  • Meningkatkan kesehatan gigi
Baca Juga  Waspada Cantik Beracun? Cek Dulu Kosmetik dan Skincare Mu!

Minum teh adalah cara yang aman dan terjangkau untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Jenis-jenis Teh

Ada berbagai jenis teh yang tersedia, masing-masing dengan profil rasa dan manfaat kesehatannya sendiri. Beberapa jenis teh yang paling umum adalah:

  • Teh hitam: Teh hitam adalah teh yang paling umum dikonsumsi di dunia. Ini terbuat dari daun teh yang difermentasi, yang memberikan rasa yang kaya dan kuat.
  • Teh hijau: Teh hijau terbuat dari daun teh yang tidak difermentasi, yang memberikan rasa yang lebih ringan dan segar. Teh hijau kaya akan antioksidan, yang dapat membantu melindungi sel-sel dari kerusakan.
  • Oolong: Teh oolong adalah teh semi-fermentasi yang berada di antara teh hitam dan teh hijau. Ini memiliki rasa yang kompleks dan kaya yang dapat bervariasi tergantung pada tingkat fermentasi.
  • Pu-erh: Teh pu-erh adalah teh hitam yang difermentasi secara alami. Ini memiliki rasa yang kaya dan kompleks yang dapat bervariasi tergantung pada tingkat fermentasi.
  • Teh herbal: Teh herbal terbuat dari daun, bunga, atau rempah-rempah yang tidak mengandung kafein. Teh herbal memiliki berbagai rasa dan manfaat kesehatan. Beberapa teh herbal yang populer adalah teh chamomile, teh peppermint, dan teh jahe.

Tips untuk Minum Teh yang Sehat

Berikut adalah beberapa tips untuk minum teh yang sehat:

  • Gunakan air berkualitas baik untuk menyeduh teh.
  • Gunakan daun teh yang segar atau berkualitas tinggi.
  • Jangan minum teh terlalu panas, karena dapat merusak antioksidan.
  • Nikmati teh Anda dengan makanan ringan yang sehat.

Minum teh adalah cara yang enak dan sehat untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Komentar