Jakarta Bernapas lega! 3 Hutan Kota Baru Akan Hadir Tahun Ini

Jakarta – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana membangun tiga hutan kota baru pada tahun 2024. Tiga ruang terbuka hijau itu akan dibangun di wilayah Jakarta Timur dan Jakarta Selatan.

Hutan kota yang akan dibangun berada di Ujung Menteng Baru dan Jalan Sawo Kecik yang terletak di Jakarta Timur. Kemudian, di Jalan Pinang II, Pondok Labu, Jakarta Selatan.

Kepala Pusat Data dan Informasi Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta Ivan Murcahyo mengatakan, tahap perencanaan hutan kota sudah selesai dan saat ini sudah memasuki tahapan Kerangka Acuan Kerja (KAK). Target pembangunannya dimulai April 2024 mendatang.

“Hutan kota ini akan dilengkapi sejumlah fasilitas pendukung, seperti pos jaga, toilet, jalur pedestrian, lapangan olahraga, area parkir, jogging track, outdoor gym, tempat duduk, dan lampu penerangan,” kata Ivan.

Ivan menambahkan, jenis pohon yang akan ditanam di ketiga hutan kota mayoritas pohon pelindung. Pohon-pohon ini berfungsi untuk menyerap polusi udara, meresapkan air hujan, dan menciptakan kesejukan di lingkungan sekitar.

Pembangunan hutan kota baru ini merupakan upaya Pemprov DKI Jakarta untuk memenuhi target Ruang Terbuka Hijau (RTH) sebesar 30 persen dari luas wilayah. Saat ini, luas RTH DKI Jakarta baru mencapai 5,2 persen.

Pengamat tata kota dari Universitas Trisakti Nirwono Joga mengatakan, pembangunan hutan kota baru merupakan langkah yang tepat untuk menyelamatkan Ibu Kota.

“Jakarta masih minim RTH. Hingga saat ini, luasan RTH masih jauh dari target minimal, yaitu 30 persen,” kata Nirwono.

Nirwono menyebut ada beberapa area di Jakarta yang bisa diubah menjadi RTH. Area itu, antara lain, adalah 13 bantaran sungai, 13 bantaran rel kereta api koridor utama, kolong jembatan atau jembatan layang MRT dan LRT, lalu 109 situ/danau/waduk di Jakarta.

Baca Juga  Blok M Square Jakarta, destinasi Hits Belanja dan Lifestyle Terkini

“Pemerintah harus fokus pada pemenuhan target RTH. Pembangunan hutan kota baru ini harus menjadi awal dari upaya-upaya lain untuk menambah RTH di Jakarta,” kata Nirwono.

Hutan kota baru ini diharapkan dapat menjadi oasis di tengah hiruk pikuk Ibu Kota. Hutan kota ini juga diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, baik dari segi lingkungan maupun sosial.

Komentar