Keliling Jakarta Dalam 3 Hari: Rekomendasi Tempat Wisata dan Kuliner Wajib Coba

Jakarta memiliki banyak pilihan akomodasi mulai dari hostel, guest house, hingga hotel bintang lima. Anda bisa menginap di kawasan strategis seperti di sekitar Monas, Kota Tua, atau Kuningan. Beberapa rekomendasi hostel murah dan nyaman di Jakarta antara lain Capsule Hostel Old Batavia, Memo Hostel Kemang, dan Maison Aurelia.

Transportasi di Jakarta bisa menggunakan angkutan umum seperti TransJakarta busway, commuter line, MRT, dan taksi. Pastikan download aplikasi transportasi online seperti Gojek dan Grab agar memudahkan perjalanan Anda ke mana saja.

Untuk belanja, Anda bisa mengunjungi mal-mal besar seperti Grand Indonesia, Plaza Indonesia, dan Mall Kelapa Gading. Jika ingin mencari pasar tradisional, coba kunjungi Pasar Tanah Abang dan Pasar Senen. Untuk belanja oleh-oleh khas Jakarta, Anda wajib mampir ke Pasar Santa di kawasan Kemang yang menjual aneka makanan dan barang khas Betawi.

Jakarta memiliki banyak tempat makan yang menyajikan beragam kuliner nusantara maupun internasional. Beberapa rekomendasi tempat makan populer di Jakarta antara lain Restoran Bunga Rampai, Lara Djonggrang, dan Pantjoran Tea House. Jangan lupa mencoba kuliner legendaris Jakarta seperti kerak telor, nasi uduk, soto Betawi, dan es kelapa muda.

Dengan persiapan matang dan rencana perjalanan yang baik, Anda akan menikmati liburan 3 hari di ibu kota Indonesia ini.

Hari Pertama

  • Kunjungi Monumen Nasional (Monas) – ini adalah monumen bersejarah di jantung Jakarta yang dibangun untuk mengenang perjuangan kemerdekaan Indonesia. Anda bisa naik ke puncak monumen ini untuk melihat pemandangan kota Jakarta dari ketinggian.
  • Jelajahi Kota Tua – ini adalah kawasan bersejarah di Jakarta Utara dengan arsitektur Indis. Anda bisa mengunjungi Museum Fatahillah, Gereja Sion, dan menikmati suasana kota tua.
  • Makan malam di Restoran Seafood Pluit – nikmati seafood segar sambil menyaksikan pemandangan sunset di teluk Jakarta.
Baca Juga  Rahasia Cantik dan Kulit Putih Alami, Wanita Wajib Tahu!

Hari Kedua

  • Berbelanja di Mal Taman Anggrek – ini adalah salah satu mal terbesar di Jakarta dengan berbagai pilihan restoran, butik, dan hiburan. Anda bisa berburu oleh-oleh khas Indonesia juga di sini.
  • Kunjungi Dunia Fantasi – taman hiburan keluarga terbesar di Indonesia yang memiliki beragam wahana seru seperti roller coaster dan rumah hantu. Cocok untuk liburan bersama anak-anak.
  • Menikmati pertunjukan musik tradisional di Restoran Sana Sini – restoran ini menghadirkan pertunjukan musik tradisional seperti tanjidor dan lenong setiap malamnya.

Hari Ketiga

  • Berolahraga di Car Free Day di Sudirman-Thamrin – setiap Minggu pagi, Jakarta menggelar Car Free Day di kawasan Sudirman-Thamrin. Anda bisa bersepeda, berolahraga, atau sekadar jalan kaki sambil menikmati keramaian kota.
  • Belanja oleh-oleh khas Jakarta seperti kerak telor dan dodol Betawi. Anda bisa menemukannya di Pasar Senen atau Pasar Tanah Abang.
  • Makan siang di Restoran Nasional Megah dengan menu Nasi Pecel dan Es Kelapa Muda.
  • Tour museum kontemporer seperti Museum Macan dan Museum Seni Rupa dan Keramik Jakarta.

Itulah beberapa rekomendasi tentang apa yang bisa Anda lakukan dalam 3 hari menjelajahi ibu kota Indonesia, Jakarta. Selamat berlibur!

Komentar