Penerimaan Calon Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 3 Tahun 2023 Telah Dibuka!

Jakarta, 27 Oktober 2023 – Pendidikan adalah salah satu fondasi utama dalam pembangunan suatu negara. Oleh karena itu, peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia menjadi salah satu prioritas pemerintah. Dalam rangka memenuhi kebutuhan guru di berbagai bidang studi di tingkat sekolah dasar dan menengah, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi telah membuka Penerimaan Calon Mahasiswa PPG Prajabatan gelombang 3 tahun 2023.

Program PPG Prajabatan (Pendidikan Profesi Guru Prajabatan) adalah salah satu upaya pemerintah dalam percepatan pemenuhan kebutuhan guru berkualitas. Program ini mengundang para putra-putri terbaik bangsa yang memiliki minat, bakat, dan panggilan jiwa menjadi guru. Guru adalah garda terdepan dalam proses pendidikan, dan PPG Prajabatan bertujuan untuk menciptakan guru-guru yang siap menjawab tantangan pendidikan di masa depan.

Jadwal dan Tahapan Seleksi

Jadwal pelaksanaan seleksi calon mahasiswa PPG Prajabatan gelombang 3 tahun 2023 adalah sebagai berikut:

  • Pendaftaran Seleksi Calon Mahasiswa: 25 Oktober – 12 November 2023
  • Pengumuman Kelulusan Seleksi Administrasi: 14 November 2023
  • Cetak Kartu Peserta: 17 November 2023
  • Pelaksanaan Tes Substantif: 22-24 November 2023
  • Pengumuman Kelulusan Tes Substantif: 5 Desember 2023
  • Pengumuman Jadwal Wawancara: 8 Desember 2023
  • Pelaksanaan Tes Wawancara: 11-22 Desember 2023
  • Pengumuman Hasil Tes Wawancara: 5 Januari 2024
  • Konfirmasi Kesediaan Mengikuti PPG Prajabatan Tahun 2023: 6-8 Januari 2024
  • Penetapan Mahasiswa PPG Prajabatan Tahun 2023: 10 Januari 2024
  • Lapor Diri Mahasiswa PPG Prajabatan di LPTK: 10 – 13 Januari 2024
  • Orientasi Mahasiswa: 15 Januari 2024
  • Awal Perkuliahan PPG Prajabatan 2023: 16 Januari 2024

Tahapan seleksi PPG Prajabatan terdiri dari 3 tahap, yaitu:

Tahap I: Seleksi Administrasi Tahap ini dilakukan secara daring/online melalui aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (SIMPKB). Pada tahap ini, berkas dan persyaratan administrasi akan disaring. Biaya pendaftaran seleksi tahap I dan II sebesar Rp 200.000,00 (dua ratus ribu rupiah) ditanggung oleh calon mahasiswa.

Baca Juga  Viral!! Penutup Lubang Ventilasi di Minimarket Ada Penunggunya

Tahap II: Tes Substantif Tahap ini meliputi Tes Penguasaan Bidang dan Tes Kemampuan Dasar Literasi dan Numerasi. Tes ini dilaksanakan secara luring/offline pada Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang ditunjuk. Teknis pelaksanaan tes menggunakan aplikasi Computer Assisted Test Asesmen Nasional Berbasis Komputer (CAT ANBK).

Tahap III: Tes Wawancara Tahap ini dilakukan secara daring/online melalui media/platform virtual meeting. Tes wawancara bertujuan untuk menggali kompetensi profesional dan personal calon mahasiswa. Tahapan seleksi bersifat sekuensial, artinya jika peserta tidak lulus pada salah satu tahap, mereka tidak dapat melanjutkan ke tahap berikutnya.

Cara Mendaftar PPG Prajabatan 2023

Untuk mendaftar PPG Prajabatan 2023, Anda dapat mengunjungi tautan BERIKUT. Pastikan Anda mengikuti jadwal pendaftaran dan memenuhi semua persyaratan yang telah ditentukan.

PPG Prajabatan adalah kesempatan emas bagi mereka yang berkeinginan menjadi guru berkualitas yang siap memberikan kontribusi dalam dunia pendidikan. Melalui seleksi ketat dan proses pembelajaran yang mendalam, para calon mahasiswa PPG Prajabatan akan dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi guru yang profesional dan berkomitmen.

Jadi, bagi Anda yang memiliki minat dan bakat dalam bidang pendidikan, jangan lewatkan kesempatan ini. Jadilah bagian dari PPG Prajabatan 2023 dan wujudkan impian Anda menjadi seorang guru yang berpengaruh dalam masyarakat dan bangsa. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mengikuti seleksi PPG Prajabatan!

Catatan: Jadwal dan tahapan seleksi dapat berubah sewaktu-waktu. Pastikan untuk selalu memantau informasi terbaru dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi terkait program PPG Prajabatan.

Komentar