Filipina Memulai Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan Menantang Timnas Indonesia

Jum’at, 20 Oktober 2023 Filipina, seperti Vietnam, telah memasuki tahap awal Kualifikasi Piala Dunia 2026 dan siap menantang Timnas Indonesia di Grup F. Filipina mengukuhkan diri sebagai peserta dengan prestasi mengesankan dalam pertandingan persahabatan melawan Bahrain.

Meskipun Filipina menderita kekalahan tipis 0-1 dari Bahrain, prestasi ini dianggap luar biasa mengingat Bahrain menempati peringkat ke-86 dalam peringkat FIFA. Dalam pertandingan yang berakhir dengan skor 0-1 ini, Filipina membuktikan bahwa mereka mampu bersaing dengan lawan-lawan tangguh.

Ledakan kebanggaan dan kegembiraan Filipina atas penampilan mereka ini segera terlihat di media sosial. Akun Facebook “Philippines Football League MEMES” memposting meme yang mengolok-olok Timnas Indonesia setelah mereka mengalami kekalahan telak 0-10 dari Bahrain.

Perlu diingat bahwa Timnas Indonesia sendiri pernah mengalami masa-masa sulit dalam sejarah sepak bola mereka. Pada saat itu, Indonesia sedang menghadapi masalah dualisme kepemimpinan dan kurangnya persiapan. Aji Santosa, yang ditunjuk sebagai pelatih sementara, harus menghadapi situasi sulit dan hanya bisa mengandalkan pemain yang tersedia.

Hasilnya, Timnas Indonesia harus menelan kekalahan telak dengan skor 0-10 dari Bahrain, sebuah kenangan yang menyakitkan bagi para penggemar sepak bola Indonesia.

Meskipun Filipina merayakan pencapaian mereka melawan Bahrain, seharusnya kita memandang ledekan ini sebagai sebuah bentuk perang psikologis atau psywar. Selain itu, tidak bisa diabaikan bahwa Timnas Indonesia memiliki peringkat terendah di Grup F dibandingkan dengan peserta lainnya. Maka, Filipina merasa berpeluang lebih besar dalam menghadapi Timnas Indonesia, terutama karena Indonesia harus menghadapi Brunei Darussalam sebelum melanjutkan pertandingan.

Namun, jika kita menggali lebih dalam, meskipun Filipina memiliki peringkat FIFA yang lebih tinggi daripada Indonesia, dalam praktiknya, mereka sering kali mengalami kekalahan. Dalam 5 pertemuan terakhir di SEA Games, Indonesia meraih 4 kemenangan dan hanya satu kali seri, menunjukkan bahwa Timnas Indonesia memiliki superioritas dalam pertemuan mereka dengan Filipina.

Baca Juga  Buku 'How Democracies Die': Memahami Ancaman Terhadap Demokrasi

Selain itu, Timnas Indonesia saat ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dan sudah mampu bersaing dengan Vietnam dan Thailand, yang sebelumnya dianggap lebih kuat. Ini terbukti dalam beberapa pertemuan terakhir dengan kedua negara tersebut, di mana Timnas Indonesia mampu memberikan perlawanan yang serius.

Sementara Filipina tidak memiliki tradisi sepak bola yang kuat di Asia Tenggara, hal ini disebabkan oleh kurangnya popularitas sepak bola di negara tersebut yang kalah dengan olahraga seperti basket.

Meskipun ledakan ini mungkin mengejutkan, dapat dipastikan bahwa pengaruhnya terhadap Timnas Indonesia akan sangat terbatas. Timnas Indonesia terus meningkatkan performa mereka, dan Filipina tampaknya tidak akan menjadi ancaman yang serius dalam persaingan ini. Sebaliknya, perhatian Shin Tae-yong dan tim pelatih Timnas Indonesia lebih tertuju kepada Irak dan Vietnam, yang dipandang sebagai pesaing berat dalam perjalanan mereka menuju Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Komentar