Sirkuit Mandalika, Indonesia Calon Tuan Rumah F1: Potensi Investasi dan Dampak Ekonomi Melimpah

Pemerintah tengah mempertimbangkan kemungkinan menggelar balapan Formula One (F1) di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, berbicara tentang rencana ini dalam sebuah pertemuan di Mataram pada Sabtu malam (14/10/2023).

Menurut Sandiaga, pemerintah telah melakukan analisis mendalam terkait rencana untuk mengadakan balapan F1 di Sirkuit Mandalika setelah sukses menggelar dua seri MotoGP pada tahun 2022 dan 2023. Dia menyatakan, “Saya sudah mengundang para ahli balapan F1, dan kita akan mempertimbangkan ini. Jika ada manfaat ekonomi yang signifikan, maka kita akan mengajukannya.”

Sandiaga juga mengklaim bahwa investasi di Mandalika, terutama di sektor pariwisata, telah melampaui target yang ditetapkan. Dia menggarisbawahi pentingnya dampak ekonomi yang melekat pada Sirkuit Mandalika, bukan hanya dalam sektor pariwisata, tetapi juga dalam hal penciptaan lapangan kerja. “Tahun lalu, berkat MotoGP Mandalika, lebih dari 30.000 lapangan kerja tercipta,” kata Sandiaga.

Dampak ekonomi, baik yang terlihat langsung maupun tidak langsung, dari keberadaan Sirkuit Mandalika di berbagai sektor pariwisata telah mencapai 500 juta dolar AS atau sekitar 8 triliun rupiah.

Presiden Joko Widodo juga meminta evaluasi terkait pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, yang saat ini baru mencapai 30 persen. Kementerian Pariwisata telah berkoordinasi dengan PT ITDC untuk terus mendukung investasi di Mandalika, termasuk investor asing, karena sektor pariwisata masih banyak diinvestasikan oleh investor dalam negeri.

Baca Juga  Solusi Air Mikroplastik, Merebus Air Dapat Menghilangkan Nano dan Mikroplastik

Komentar