Fakta dan Keamanan Vaksin HPV untuk Anak Perempuan

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia telah memberikan klarifikasi penting terkait vaksin Human Papiloma Virus (HPV) yang diberikan kepada anak perempuan. Kabar sebelumnya menyebutkan bahwa vaksin ini memiliki tujuan untuk membuat anak perempuan mandul, namun Kemenkes memastikan bahwa hal ini tidak benar.

Juru Bicara Kemenkes, Mohammad Syahril, menjelaskan bahwa vaksinasi HPV adalah langkah preventif untuk melindungi anak perempuan dari risiko penyakit kanker serviks yang disebabkan oleh infeksi HPV. Penting untuk dicatat bahwa vaksin HPV telah terbukti aman dan biasanya tidak menimbulkan reaksi serius setelah pemberian vaksin.

Vaksinasi HPV memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi, bahkan mencapai 100 persen efektivitas jika diberikan dalam dua dosis kepada anak perempuan berusia 9-13 tahun. Ini adalah langkah yang signifikan dalam pencegahan kanker serviks, sebuah penyakit yang mengancam kesehatan perempuan.

Meskipun vaksinasi HPV aman, beberapa reaksi ringan di lokasi suntikan bisa terjadi, seperti kemerahan, pembengkakan, dan nyeri ringan. Reaksi ini biasanya muncul satu hari setelah pemberian vaksin dan dapat berlangsung selama 1-3 hari. Demam ringan juga dapat terjadi setelah vaksinasi.

Penting untuk memahami bahwa Indonesia telah berkomitmen serius dalam pencegahan kanker serviks, dan ini tercermin dalam inklusi vaksinasi HPV dalam Program Imunisasi Nasional sejak tahun 2023. Lebih dari 135 negara, termasuk Malaysia, Singapura, Amerika Serikat, Inggris, dan Perancis, telah memberikan vaksinasi HPV dalam program imunisasi nasional mereka.

Vaksinasi HPV dilakukan dalam dua dosis kepada anak perempuan sebelum mereka lulus dari SD/MI atau sederajat. Proses ini terjadi dalam kegiatan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) yang diadakan setiap Agustus di sekolah.

Data dari Globocan menunjukkan bahwa pada tahun 2020, jumlah kasus kanker di Indonesia mencapai angka yang tinggi, termasuk kasus kanker serviks. Pencegahan melalui vaksinasi HPV adalah langkah positif dalam mengurangi beban penyakit ini di masyarakat.

Baca Juga  Smartphone Gaming Terbaik 2024, Performa Tinggi dan Harga Terjangkau

Dengan penekanan pada keamanan dan manfaat vaksin HPV, anak perempuan Indonesia memiliki perlindungan tambahan terhadap risiko kanker serviks, dan pemerintah berkomitmen untuk memastikan keberlanjutan program ini demi kesehatan generasi mendatang.

Komentar