Presiden Jokowi Dukung COP28 dan Apresiasi Inisiatif Interfaith Wing untuk Perubahan Iklim

Presiden Indonesia, Joko Widodo, telah mengekspresikan dukungannya untuk COP28 yang akan diselenggarakan oleh Uni Emirat Arab akhir tahun ini. Beliau juga memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan Konferensi “Agama dan Perubahan Iklim” untuk negara-negara Asia Timur di Indonesia.

Pada hari Kamis, di Istana Kemerdekaan, Presiden Joko Widodo menerima Dr. Mohamed Abdel-Salam, Sekretaris Jenderal Dewan Tokoh Muslim, beserta delegasi anggota Dewan. Presiden mengucapkan selamat kepada Dewan Tokoh Muslim atas pembukaan kantor resmi mereka di Indonesia dan mengapresiasi konferensi Dewan yang berjudul “Agama dan Perubahan Iklim” bagi negara-negara Asia Tenggara. Beliau juga menegaskan dukungannya untuk COP28 yang akan diadakan oleh Uni Emirat Arab pada akhir tahun ini.

Selama pertemuan tersebut, Presiden Indonesia memuji upaya Dewan Tokoh Muslim di bawah kepemimpinan Dr. Ahmed al-Tayeb, Sheikh Al-Azhar dan Presiden Dewan Tokoh Muslim, dalam mempromosikan perdamaian, kerukunan manusia, serta inisiatif penting Dewan untuk merumuskan pandangan bersama pemimpin agama dan tokoh-tokoh agama tentang isu perubahan iklim. Beliau menyatakan keyakinannya akan pentingnya dialog antaragama dalam menghadapi perubahan iklim dan mendukung Inisiatif Interfaith Wing selama COP28.

Presiden Indonesia juga mengapresiasi upaya Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan, Putra Mahkota Abu Dhabi dan Deputi Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata Uni Emirat Arab, dalam mempromosikan kerukunan dan persaudaraan manusia. Beliau juga mengacungkan kebahagiaannya karena cabang Dewan Tokoh Muslim berkolaborasi dengan institusi ilmiah dan agama di Indonesia untuk menyebarluaskan nilai-nilai persaudaraan dan harmoni manusia, baik secara regional maupun global.

Dalam konteks ini, Sekretaris Jenderal Dewan Tokoh Muslim, Dr. Mohamed Abdel-Salam, beserta delegasi Dewan, menyampaikan apresiasi Dewan terhadap Indonesia, baik sebagai pemimpin maupun masyarakatnya. Mereka menjelaskan bahwa Indonesia adalah negara yang sangat berarti bagi seluruh umat Islam, bukan hanya berdasarkan luas wilayahnya dan jumlah penduduknya, tetapi juga sejarahnya yang kaya dan warisannya dalam bidang ilmu pengetahuan dan peradaban manusia yang unik. Mereka juga mengapresiasi peran Dewan dalam mempromosikan perdamaian dan nilai-nilai dialog, harmoni, serta persaudaraan dalam menghadapi tantangan perubahan iklim. Delegasi Dewan mengungkapkan komitmennya untuk bekerja sama erat dengan lembaga pemerintah, internasional, dan sipil di Indonesia seperti Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah untuk mewujudkan misi Dewan dalam mempromosikan perdamaian serta menyebarkan nilai-nilai dialog, kerjasama, dan persaudaraan.

Baca Juga  Bayern Munich Bantai Frankfurt 6-1, Momen untuk Musim yang Baik Di Bundesliga

Komentar