Jokowi Tegaskan Tak Ingin Jadi Ketum PDIP, Pilih Pulang ke Solo

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa ia tidak ingin menjadi ketua umum (Ketum) PDIP setelah masa jabatannya sebagai presiden berakhir pada 2024 mendatang. Jokowi memilih untuk pulang ke Solo, Jawa Tengah, untuk menghabiskan masa pensiunnya.

Jokowi menyampaikan hal tersebut saat menanggapi dorongan dari sejumlah pihak agar ia menjadi Ketum PDIP menggantikan Megawati Soekarnoputri. Jokowi mengatakan bahwa masih banyak tokoh muda yang lebih pantas untuk menjadi pimpinan PDIP berikutnya, seperti Puan Maharani dan Muhammad Prananda Prabowo.

“Saya mau pensiun pulang ke Solo,” kata Jokowi di Monas, Jakarta, Kamis (5/10).

Sebelumnya, Guntur Sukarnoputra, putra Megawati, menyebut ada kemungkinan Jokowi menjadi Ketum PDIP selanjutnya. Guntur beralasan bahwa kebijakan Jokowi dalam geopolitik global sesuai dengan prinsip-prinsip Bung Karno.

Sementara itu, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa trah keluarga Soekarno masih kuat sebagai pengikat para kader dari level atas hingga akar rumput.

Dengan tegas Jokowi menolak dorongan untuk menjadi Ketum PDIP. Ia memilih untuk pulang ke Solo untuk menghabiskan masa pensiunnya.

Baca Juga  Terapi Imunologi: Revolusi Baru dalam Pengobatan Kanker

Komentar