Misteri Alam Semesta Terpecahkan: Keajaiban Black Hole dan Rahasia Putarannya Terkuak!

Fenomena yang dikenal sebagai “black holes” mendominasi berita minggu ini setelah para ahli astronomi berhasil mengamati bukti pertama tentang rotasi black hole, memberikan wawasan yang belum pernah terjadi sebelumnya tentang objek paling aneh di alam semesta.

Black hole adalah wilayah di ruang angkasa di mana gravitasi sangat kuat sehingga bahkan cahaya pun tidak bisa melarikan diri, sesuai dengan yang dijelaskan oleh NASA.

Mereka menjelaskan, “Gravitasi yang kuat ini terjadi karena tekanan yang terjadi di dalam ruang yang sangat kecil. Hal ini bisa terjadi ketika sebuah bintang mengakhiri hidupnya, dan beberapa black hole terbentuk ketika sebuah bintang mati.”

Laman “Space,” yang khusus dalam urusan angkasa, menyebut black hole sebagai “salah satu objek paling aneh dan paling memukau di alam semesta.”

Ikoni fisika, Albert Einstein, telah meramalkan adanya black hole melalui Teori Relativitas Umumnya pada tahun 1915, tetapi gagasan ini sebenarnya telah ada jauh sebelum itu, menurut European Space Agency.

Pada tahun 1784, filsuf Inggris, John Michell, menyatakan bahwa jika cahaya adalah aliran partikel (seperti yang diajukan oleh Teori Isaac Newton), maka cahaya akan dipengaruhi oleh gravitasi.

Dia juga memprediksi bahwa jika sebuah bintang memiliki massa lebih dari 500 kali lipat matahari, maka ia akan memiliki medan gravitasi yang sangat kuat sehingga bahkan cahaya pun tidak bisa lepas darinya, dan ia menyebut objek ini sebagai “bintang gelap.”

Laman “Space” juga mengungkapkan bahwa Galaksi Bima Sakti kemungkinan memiliki lebih dari 100 juta black hole.

Sementara itu, Universitas Chicago menyatakan bahwa black hole terbentuk ketika bintang-bintang besar runtuh pada akhir hidup mereka, dan mungkin dalam kondisi-kondisi lain yang belum dipahami sepenuhnya oleh komunitas ilmiah.

Baca Juga  Gebyar Nusantara Institut Pertanian Bogor (IPB) 2023 Menutup dengan Meriah dan Sukses

Para ahli astronomi akhirnya berhasil, minggu ini, mengamati dua pancaran gas besar yang berasal dari black hole “monster” (M87), yang berayun dalam siklus 11 tahun, membuktikan untuk pertama kalinya bahwa black hole juga berputar.

Komentar