Layanan SIM Keliling Dibuka Kembali oleh Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya

Jakarta, 22 September 2023 – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya kembali membuka layanan SIM Keliling bagi masyarakat yang ingin memperpanjang masa berlaku Surat Izin Mengemudi (SIM) di wilayah Jakarta. Layanan ini tersedia hari ini, Jumat (22/9/2023), untuk memudahkan warga.

Dalam pengumumannya melalui akun Twitter resmi @TMCPoldaMetro, layanan SIM Keliling akan beroperasi mulai pukul 08.00 WIB hingga 14.00 WIB. Berikut adalah lokasi pelayanan SIM Keliling pada hari ini:

  • Jakarta Timur (Jaktim): Mall Grand Cakung
  • Jakarta Selatan (Jaksel): Kampus Trilogi Kalibata
  • Jakarta Utara (Jakut): LTC Glodok
  • Jakarta Barat (Jakbar): Mall Citraland
  • Jakarta Pusat (Jakpus): Kantor Pos Lapangan Banteng

Masyarakat yang berencana memperpanjang masa berlaku SIM disarankan untuk menyiapkan dokumen yang diperlukan, seperti KTP asli dan SIM asli beserta fotokopinya. Selain itu, mereka juga perlu mengisi formulir permohonan dan menjalani tes kesehatan di lokasi gerai.

Diharapkan untuk diperhatikan bahwa gerai SIM Keliling ini hanya akan melayani perpanjangan SIM tipe A dan SIM tipe C yang masih berlaku. Untuk memudahkan masyarakat, layanan ini hadir sebagai upaya untuk meminimalkan kerumitan dalam proses perpanjangan SIM.

Apa Itu Pelayanan SIM Keliling?

Pelayanan SIM Keliling adalah layanan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) yang diselenggarakan oleh Kepolisian Republik Indonesia (Polri) di luar lingkungan kantor Kepolisian. Layanan ini menggunakan mobil yang telah dimodifikasi untuk melayani masyarakat yang ingin memperpanjang SIM A dan C.

Tujuan dari layanan SIM Keliling adalah untuk memudahkan masyarakat dalam memperpanjang SIM. Dengan layanan ini, masyarakat tidak perlu datang ke kantor Kepolisian yang biasanya ramai dan membutuhkan waktu yang lama. Masyarakat dapat memperpanjang SIM di lokasi yang dekat dengan tempat tinggal atau tempat kerja mereka.

Baca Juga  10 Hal Terbaik yang Dapat Dilakukan di Jakarta, Nomor 2 Banyak Orang Kunjungi

Layanan SIM Keliling biasanya beroperasi pada hari Senin hingga Sabtu, mulai dari pagi hingga sore hari. Jadwal dan lokasi operasional layanan SIM Keliling dapat diketahui melalui media sosial resmi Polri atau melalui aplikasi SINAR (SIM Nasional Presisi).

Syarat untuk memperpanjang SIM di layanan SIM Keliling adalah sebagai berikut:

  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku
  • Fotokopi SIM lama disertai dengan SIM asli
  • Bukti hasil cek kesehatan yang menunjukkan Anda berada dalam kondisi sehat untuk mengemudi

Biaya perpanjangan SIM di layanan SIM Keliling adalah sama dengan biaya perpanjangan SIM di kantor Kepolisian. Biaya perpanjangan SIM A adalah Rp80.000, sedangkan biaya perpanjangan SIM C adalah Rp75.000.

Berikut adalah langkah-langkah untuk memperpanjang SIM di layanan SIM Keliling:

  1. Datang ke lokasi layanan SIM Keliling yang telah ditentukan.
  2. Ambil nomor antrian.
  3. Lakukan pemeriksaan kesehatan di mobil SIM Keliling.
  4. Isi formulir perpanjangan SIM.
  5. Bayar biaya perpanjangan SIM.
  6. Foto dan sidik jari.
  7. Tunggu SIM baru Anda jadi.

Pelayanan SIM Keliling merupakan salah satu upaya Polri untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Layanan ini telah membantu banyak masyarakat untuk memperpanjang SIM dengan mudah dan cepat.

Komentar