Ancaman TikTok Shop Terhadap Pedagang Kecil dan UMKM: Ikappi Usulkan Perlindungan dan Kolaborasi”

JAKARTA – Ketua Umum Ikatan Pedagangan Pasar Indonesia (Ikappi), Abdullah Mansuri, mengungkapkan keprihatinannya terhadap nasib pedagang kecil di pasar tradisional yang saat ini tengah terancam oleh fenomena TikTok Shop yang sedang berkembang pesat. Menurutnya, ada sekitar 12,5 juta pedagang kecil di seluruh Indonesia yang harus dilindungi oleh pemerintah.

Mansuri menjelaskan bahwa dampak dari TikTok Shop sangat luas, termasuk kepada para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). “Efek berantai dari perkembangan TikTok Shop bisa sangat merusak, seperti pengaruhnya terhadap pekerja sektor informal seperti kuli panggul dan lain-lain. Semuanya terancam oleh keberadaan TikTok Shop,” ujarnya di Jakarta pada Kamis (21/9/2023).

Ikappi mencatat bahwa saat ini pedagang di sektor tekstil mengalami penurunan omzet yang signifikan. Mansuri mengusulkan solusi berkeadilan untuk melindungi pedagang kecil dan UMKM dari persaingan yang tidak seimbang dengan TikTok Shop.

Dia mengatakan bahwa pedagangan melalui TikTok Shop belum sepenuhnya terlindungi karena produk yang dijual tidak melalui proses sortir pemerintah. Banyak produk yang berasal dari China, yang harganya cenderung lebih murah daripada produk lokal. Hal ini membuat produk lokal kesulitan bersaing.

Mansuri juga mengingatkan bahwa pedagang konvensional yang tidak mahir menggunakan internet merasa kesulitan dalam memasarkan barang dagangan mereka di era disrupsi digital yang berkembang pesat saat ini. Mereka juga tidak mendapatkan pendampingan yang memadai.

Untuk mengatasi masalah ini, Ikappi mengusulkan agar pemerintah memberikan pendampingan dan advokasi kepada pedagang kecil. Mansuri mengusulkan kolaborasi antara pemerintah dan TikTok untuk mengarahkan algoritma platform tersebut untuk memprioritaskan pedagang UMKM yang menjual produk lokal.

Selain itu, pemerintah juga perlu mempertimbangkan pembatasan terhadap produk impor yang bersaing secara tidak seimbang dengan produk lokal, termasuk produk-produk China. Mansuri menambahkan bahwa pemerintah harus meningkatkan permodalan pedagang kecil dan UMKM agar mereka dapat bersaing dengan produk luar yang harganya lebih rendah.

Baca Juga  Beberapa Teknik untuk Menceritakan Cerita Cerdas

Komentar