PMI DKI Jakarta Terus Melayani Kebutuhan Air Bersih di Tengah Kemarau dan Kekeringan

Jakarta, 17 September 2023 – Panjangnya musim kemarau dan dampak fenomena El Nino di wilayah Jakarta telah menyebabkan kekeringan yang mengkhawatirkan bagi warga setempat. Dalam upaya untuk membantu mengatasi kebutuhan dasar akan air bersih, Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta terus bergerak aktif dengan pelepasan truk tangki air bersih sebanyak 24.000 liter. Kegiatan ini berlangsung di Kantor PMI DKI Jakarta, yang terletak di Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, pada hari Minggu, 17 September 2023.

Ketua PMI DKI Jakarta, Rustam Effendi, menekankan komitmen organisasinya untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada warga Jakarta yang membutuhkan, khususnya di wilayah Kalideres, Jakarta Barat. Rustam menjelaskan bahwa air bersih adalah kebutuhan dasar manusia yang tidak dapat diabaikan, terutama dalam kondisi kemarau yang berkepanjangan.

Dalam rangka peringatan HUT ke-78 PMI dengan tema “Menolong Sepenuh Hati”, PMI DKI Jakarta memastikan bahwa semangat pelayanan sosial akan terus berlanjut. Rustam menyampaikan moto PMI DKI Jakarta yang dikenal dengan akronim SIAP, yang merupakan singkatan dari Sigap, Inovatif, Akuntabel, dan Profesional. Semboyan ini mencerminkan semangat dan komitmen PMI DKI Jakarta dalam memberikan pelayanan yang tepat dan efisien.

Rustam mengajak seluruh stakeholder di Jakarta, termasuk pemerintah daerah dan masyarakat, untuk bersatu dalam mendukung misi kemanusiaan PMI DKI Jakarta. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh relawan dan stakeholder yang telah berkomitmen untuk membantu sesama.

Selain pengiriman air bersih, PMI DKI Jakarta juga memanfaatkan peringatan HUT ke-78 untuk memberikan penghargaan kepada individu yang telah mengabdi selama 15 dan 25 tahun di dalam organisasi ini. Rustam berharap semangat PMI yang telah berusia 78 tahun akan memotivasi semua anggota dan mitra untuk terus memberikan kontribusi yang berarti dalam membantu sesama.

Baca Juga  Pengembangan Transportasi Massal di Jakarta: Transformasi Menuju Kota Berkelanjutan

Salah satu penerima penghargaan untuk pengabdian selama 25 tahun di PMI DKI Jakarta, Endang Sasmito, mengungkapkan rasa bangganya dan rasa syukur atas penghargaan tersebut. Ia menekankan bahwa penghargaan ini adalah bukti dari dedikasi pribadi untuk membantu sesama.

Pengurus PMI Jakarta Pusat, M Rico Sinaga, juga memberikan pernyataan bahwa peringatan HUT ke-78 PMI merupakan kesempatan untuk meningkatkan lagi pelayanan kemanusiaan kepada masyarakat. PMI DKI Jakarta bertekad untuk tetap menjadi garda terdepan dalam membantu warga, baik dalam konteks donor darah maupun dalam misi-misi kemanusiaan yang lebih luas.

Selama apel peringatan HUT ke-78 PMI di PMI DKI Jakarta, juga diadakan pembagian hadiah untuk pemenang lomba Tumpeng, Tiktok, Bola Voli, dan Futsal. Tidak hanya itu, bibit pohon juga dibagikan oleh Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup serta Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta.

Apel ini dihadiri oleh pengurus, pegawai, dan relawan PMI DKI Jakarta dari tingkat provinsi hingga tingkat Kota dan kabupaten, yang menyatukan semangat mereka untuk melayani dan membantu sesama dengan sepenuh hati.

Komentar