Proyek Pembangunan Istana di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, Diharapkan Selesai pada Tahun 2024

Istana yang sedang dibangun di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, dijadwalkan untuk diselesaikan pada tahun 2024 mendatang. Hal ini berarti bahwa perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-78 pada hari Kamis ini (17/8/2023) mungkin akan menjadi yang terakhir kali diadakan di Jakarta.

Presiden Joko Widodo juga telah mengungkapkan pandangannya mengenai hal ini. Meskipun belum ada kepastian mutlak, kemungkinan besar upacara perayaan akan diadakan di Ibu Kota Nusantara.

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah memastikan bahwa proyek Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur tetap berjalan sesuai rencana yang telah ditetapkan.

“Insyaallah. Tahun depan, kami berharap acara ini akan berlangsung di IKN. Kami akan menunggu perkembangan lebih lanjut,” ujar Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, pada Kamis (17/8/2023).

Saat ini, progres pembangunan sudah mencapai 36 persen. Rencananya, Istana Kepresidenan dan kantor presiden akan selesai pada pertengahan tahun depan.

Pada acara peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-78, Presiden Jokowi tampil mengenakan baju adat Ageman Songkok Singkepan Ageng ketika menghadiri Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang ke-78 di Istana Merdeka.

“Kini saya mengenakan Ageman Songkok Singkepan Ageng. Pakaian ini berasal dari Keraton Kasunan Surakarta Hadiningrat,” tuturnya.

Meski begitu, Jokowi tidak menjelaskan secara detail mengapa ia memilih mengenakan pakaian adat Ageman Songkok tersebut. Keputusan tersebut didasarkan pada pilihan pakaian yang telah dibuat oleh timnya.

Jokowi berharap bahwa dalam peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 RI tahun ini, berbagai jenis pakaian adat yang dikenakan oleh masyarakat yang hadir dapat menjadi simbol dari keragaman dan persatuan Indonesia.

“Seperti yang kita saksikan di istana, keberagaman diwujudkan melalui beragam pakaian adat yang kita kenakan. Ini adalah kekuatan bangsa kita, di mana keberagaman bisa disatukan menjadi kesatuan. Dengan bersatu, solid, dan kompak, itulah kekuatan besar Indonesia,” ungkap Jokowi.

Baca Juga  BSU 2022 Sudah Cair, Cek Penerima BSU secara Online

Sebelumnya, baju Ageman Songkok Singkepan Ageng telah digunakan oleh Raja Pakubuwono Surakarta Hadiningrat dalam acara Enggar Enggar Soho Tedhak Loji, yang memiliki makna saat Raja keluar dari Keraton naik kereta kuda yang diikuti oleh pengiring keraton untuk melihat langsung kondisi masyarakat.

Komentar