Kondisi Cryptocurrency Membaik: Pasar Aset Kripto Bangkit dan Bitcoin Rebound Lebih dari 25%

Pada awal bulan Juni 2023, terjadi penurunan dalam pasar cryptocurrency. Namun, dalam dua pekan tersebut, pasar aset kripto kembali bangkit dengan cepat. Hal ini tercermin dari peningkatan total kapitalisasi pasar aset kripto yang naik lebih dari 20%.

Pada tanggal 15 Juni, total kapitalisasi pasar aset kripto mulai meningkat dari $975 miliar hingga mencapai angka $1,178 triliun pada 23 Juni 2023. Saat ini, total kapitalisasi pasar aset kripto berada di kisaran $1,14 triliun.

Bitcoin mengalami pergerakan yang menarik perhatian dalam dua pekan tersebut. Mulai dari 1 Juni hingga 14 Juni, harga Bitcoin melemah sekitar 7,38% dari $26.800 menjadi $24.825. Namun, Bitcoin berhasil rebound dengan cepat dan naik lebih dari 25%, mencapai harga $31.415 pada periode 14 Juni hingga 23 Juni 2023. Pada pagi ini, harga Bitcoin mencoba bertahan di atas level $30.000, berkisar antara $30.300 – $30.500.

Panji Yudha, seorang Ahli Keuangan Kripto, menjelaskan bahwa pemulihan pasar aset kripto didorong oleh beberapa berita positif. Di antaranya adalah pengajuan BlackRock mengenai perdagangan Bitcoin ETF Spot ke Securities Exchange Commission (SEC), peluncuran Bursa Kripto EDX oleh Citadel dan Fidelity, serta pernyataan Gubernur The Fed, Jerome Powell, yang menyebut stablecoin sebagai bentuk uang yang perlu diatur. Hal-hal ini memberikan sentimen positif kepada para investor aset kripto.

Panji juga mengingatkan investor untuk memperhatikan beberapa potensi isu yang dapat mempengaruhi harga Bitcoin, seperti potensi kenaikan suku bunga AS yang diprediksi akan terjadi dua kali hingga akhir tahun. Selain itu, investor juga harus mencermati Indeks Pengeluaran Konsumsi Pribadi (PCE) AS yang akan dirilis pada Jumat (30/6), karena merupakan indikator inflasi yang dipantau oleh The Fed. Prediksi menunjukkan bahwa indeks harga untuk pengeluaran konsumsi pribadi (PCE) akan tumbuh menjadi 4,6% pada bulan Mei.

Baca Juga  11 Inspirasi Desain Grafis yang Membangkitkan Kreativitas Anda

Dalam perkembangan terkait, HSBC, bank terbesar di Hong Kong, telah memungkinkan nasabahnya untuk menjual dan membeli Bitcoin ETF dan Ethereum ETF yang terdaftar di Bursa Efek Hong Kong. Sentimen ini diharapkan dapat mendorong Bitcoin untuk menguji kembali area $31.400, dengan catatan Bitcoin harus bertahan di atas level psikologis support di $30.000.

Dalam analisis teknikal, level support dan resistance untuk Bitcoin (BTC/USDT) adalah $25.300 dan $27.350, sedangkan untuk Ethereum (ETH/USDT) adalah $1.645 dan $1.845. Saat ini, Bitcoin bergerak di kisaran $30.362 dan memiliki potensi untuk menguji kembali area $31.400 jika tetap bergerak di atas $29.800 hingga akhir bulan Juni. Sementara itu, Ethereum telah breakout dari pola bullish flag dan berpotensi menguji area resistance trendline di kisaran $1.820 – $1.850.

Dalam kesimpulannya, kondisi pasar cryptocurrency mengalami perbaikan signifikan. Meskipun terdapat beberapa potensi isu yang perlu dipertimbangkan, sentimen positif dan pemulihan harga Bitcoin memberikan harapan bagi investor aset kripto. Pergerakan pasar selanjutnya akan dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk berita dan indikator ekonomi terkait.

Komentar