Waspada! Penggunaan Tetes Mata sebagai Obat Jerawat: Efek Samping yang Perlu Diperhatikan

Menghilangkan jerawat yang kemerahan tentu akan sangat mengesalkan, terlebih jika jerawat muncul secara tak terduga. Belakangan ini, viral di media sosial tentang seorang wanita yang menemukan cara cepat menghilangkan kemerahan pada jerawat dengan menggunakan obat tetes mata.

Pada Rabu, laman Insider melaporkan bahwa Dr. Joshua Zeichner, direktur penelitian kosmetik dan klinis di Departemen Dermatologi Rumah Sakit Mount Sinai di New York City, menyatakan bahwa penggunaan obat tetes mata tersebut mungkin berhasil, namun dapat menimbulkan beberapa efek samping yang tidak terduga. Lebih lanjut, penggunaan obat tetes mata juga tidak mencegah pembentukan jerawat sejak awal.

Dr. Zeichner menjelaskan bahwa beberapa tetes mata anti-kemerahan mengandung bahan yang disebut brimonidine, yang dapat membuat otot di sekitar pembuluh darah berkontraksi. Ini mengurangi aliran darah ke area tersebut dan sementara menghilangkan kemerahan pada jerawat.

Bahan aktif yang sama juga ditemukan dalam krim resep yang digunakan untuk mengobati rosacea, suatu kondisi kulit yang ditandai dengan kemerahan pada wajah dan kulit yang memerah.

Meskipun penggunaan obat tetes mata pada jerawat dapat efektif dalam situasi darurat, Dr. Zeichner menjelaskan bahwa hal tersebut tidak akan mengatasi penyebab jerawat atau membantu penyembuhan yang lebih cepat.

Dia juga memperingatkan bahwa penggunaan obat tetes mata pada jerawat dapat menyebabkan efek samping. Misalnya, area di sekitar jerawat juga dapat terpengaruh oleh obat tetes mata dan menjadi sangat pucat.

Dr. Zeichner juga menyarankan agar tidak mencoba trik ini bagi mereka yang menderita sindrom Raynaud, yaitu kondisi di mana pembuluh darah di jari tangan dan kaki menyempit sebagai respons terhadap dingin, karena penggunaan obat tetes mata dapat memperkuat gejala tersebut.

Baca Juga  5 Khasiat Sayur Rebung Bagi Kesehatan, Baik untuk Diet

Untuk hasil yang lebih baik dan penyembuhan yang lebih cepat, Dr. Zeichner menyarankan penggunaan perawatan jerawat yang mengandung benzoil peroksida. Bahan ini dapat mengurangi kadar bakteri penyebab jerawat dan peradangan kulit. Benzoil peroksida biasa ditemukan dalam berbagai produk perawatan kulit berjerawat, mulai dari pencuci muka harian hingga perawatan sehari-hari.

Komentar