Rambut Rontok .. Makanan Ini Bekerja Ajaib

Warta Jakarta News – Masalah kerontokan rambut menimpa banyak wanita dan pria di dunia, karena mereka ingin memiliki rambut yang sehat dan kuat, tetapi mereka mendapati diri mereka menghadapi kenyataan yang tidak menguntungkan, yaitu kerontokan rambut yang terus menerus.

Kerontokan rambut terkait dengan beberapa faktor, termasuk stres, kelelahan, masalah kesehatan, usia lanjut dan faktor keturunan, tetapi yang tidak disadari sebagian orang adalah bahwa pola makan dan kekayaan vitamin dan nutrisinya adalah salah satu faktor utama yang mempengaruhi kesehatan rambut. rambut, karena makanan yang tepat berfungsi untuk menyediakan rambut dengan nutrisi yang dibutuhkannya agar tetap kuat.

Folikel bergantung pada apa dalam membangun rambutnya?

Walid Al-Salihi, seorang asisten profesor dan konsultan penyakit kulit, rambut dan kosmetik, mengatakan dalam sebuah wawancara dengan “Sky News Arabia” bahwa folikel bergantung pada pembentukan rambutnya pada beberapa elemen nutrisi, yang mencapainya melalui sirkulasi darah di sekitarnya. , dan elemen yang paling penting adalah protein dan vitamin, menunjuk ke Diet apa pun yang kekurangan vitamin atau mineral penting untuk produksi rambut adalah penyebab kerontokan rambut, karena vitamin terpenting yang bertanggung jawab atas kualitas pembuatan rambut adalah: zat besi, seng , vitamin D, vitamin B12, sedangkan kekurangan protein dari tubuh menyebabkan memudarnya warna rambut dan kelemahan pembentukan dan terkadang kerontokannya.

Menurut Al-Salihi, yang berspesialisasi dalam penyakit rambut dari Amerika Serikat, faktor nutrisi seperti kekurangan zat besi, kekurangan protein akut, gastrektomi lengan dan diet keras adalah salah satu penyebab paling menonjol di balik kerontokan rambut, selain faktor keturunan dan penyakit sistem kekebalan tubuh. , seperti alopecia, dan penyakit kulit kepala Inflamasi kulit kepala seperti psoriasis kulit kepala, masalah hormonal, operasi berkepanjangan dan anestesi umum.

Baca Juga  Solusi Air Mikroplastik, Merebus Air Dapat Menghilangkan Nano dan Mikroplastik

Selain peran negatif yang dimainkan oleh proses paparan sinar matahari dalam waktu lama, karena sinar ultraviolet menyebabkan protein rambut (keratin) meleleh, sehingga berdampak negatif dengan meningkatkan kerapuhan dan kemudahan pembiasannya. untuk penggunaan penutup kepala dalam segala bentuk, dan produk rambut yang mengandung perlindungan dari radiasi ultraviolet, selama paparan sinar matahari dalam waktu lama.

Diet yang membantu mengurangi kerusakan folikel rambut

Sementara itu, ahli gizi dan pelatih kebugaran Batool Lou mengatakan, dalam sebuah wawancara dengan “Sky News Arabia”, bahwa berbagai penelitian ilmiah telah membuktikan bahwa diet kaya vitamin dan mineral, seperti zat besi, seng, dan omega-3, terkait dengan pengurangan rambut rontok, seperti yang ditemukan Para peneliti telah menemukan bahwa diet kaya antioksidan, seperti vitamin C dan vitamin E, dapat membantu melindungi folikel rambut dari kerusakan dan meningkatkan kesehatan rambut secara keseluruhan.

Makanan yang merangsang pertumbuhan rambut

Menurut Lou, telur adalah sumber protein yang sangat baik yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut, dan juga mengandung biotin, vitamin B yang membantu menguatkan rambut dan mencegah kerontokan rambut, sedangkan salmon dan ikan berlemak lainnya kaya akan asam lemak omega-3, yang dapat membantu pertumbuhan rambut.Meningkatkan pertumbuhan rambut, menekankan peran bayam, yang tinggi zat besi dan vitamin C, dalam mencapai pertumbuhan rambut yang sehat, selain ubi jalar, yang merupakan sumber beta-karoten yang baik, juga dapat membantu pertumbuhan rambut. membantu meningkatkan kesehatan kulit kepala.

Produksi kolagen

Dan ahli gizi menegaskan bahwa alpukat, yang kaya akan lemak sehat, kacang-kacangan, biji-bijian yang kaya akan seng, dan buah beri yang mengandung persentase tinggi antioksidan dan vitamin C, yang membantu tubuh memproduksi kolagen, semuanya merupakan makanan penting untuk pertumbuhan dan pengurangan rambut. kehilangan.

Komentar