Jelajahi Ragam Hidangan Khas Jakarta: 10 Kuliner yang Harus Dicoba!

Jakarta, ibu kota Indonesia, adalah kota yang terkenal dengan keberagaman budaya, termasuk dalam hal kuliner. Terdapat berbagai macam hidangan yang dapat ditemukan di Jakarta, mulai dari makanan tradisional hingga makanan internasional yang diadaptasi sesuai dengan selera orang Indonesia. Berikut ini adalah beberapa hidangan khas Jakarta yang harus dicoba ketika berkunjung ke kota ini.

1. Soto Betawi
Soto Betawi adalah salah satu hidangan khas Jakarta yang terbuat dari daging sapi, jeroan sapi, kentang, tomat, dan bawang goreng yang direbus dengan kuah santan kental. Biasanya, soto Betawi disajikan dengan nasi putih, emping, dan kerupuk.

2. Nasi Uduk
Nasi uduk adalah nasi yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah, seperti daun pandan, kayu manis, dan kapulaga. Biasanya, nasi uduk disajikan dengan ayam goreng, telur balado, tempe, dan sambal.

3. Gado-gado
Gado-gado adalah hidangan sayur yang terdiri dari sayuran seperti kacang panjang, tauge, mentimun, dan kol yang dicampur dengan bumbu kacang yang gurih dan pedas. Gado-gado biasanya disajikan dengan lontong atau nasi.

4. Nasi Goreng
Nasi goreng adalah hidangan nasi yang dimasak dengan bumbu-bumbu seperti bawang putih, kecap manis, dan cabai. Biasanya, nasi goreng disajikan dengan telur mata sapi, acar, dan kerupuk.

5. Bakmi
Bakmi adalah mi yang dimasak dengan kuah atau gorengan yang biasanya terbuat dari mie telur atau mie gandum. Bakmi biasanya disajikan dengan irisan daging ayam, bakso, atau seafood.

6. Ketoprak
Ketoprak adalah hidangan khas Jakarta yang terdiri dari mi kering, tauge, kacang tanah goreng, dan ketupat yang dicampur dengan bumbu kacang yang khas. Ketoprak biasanya disajikan dengan lontong atau nasi.

7. Kerak Telor
Kerak telor adalah hidangan khas Jakarta yang terbuat dari beras ketan, telur ayam, bawang merah, dan ebi yang digoreng dengan api kecil. Kerak telor biasanya disajikan dengan bawang goreng dan serundeng.

Baca Juga  Kawasan Blok M Jakarta; Suguhkan Kuliner Malam Andalan Sepulang Kerja

8. Sate
Sate adalah hidangan daging yang dipotong-potong dan ditusuk ke dalam bambu atau tusuk sate, kemudian dibakar dan disajikan dengan bumbu kacang. Sate yang paling terkenal di Jakarta adalah sate Padang dan sate Madura.

9. Martabak
Martabak adalah hidangan kuliner asli Jakarta yang terbuat dari adonan tepung terigu yang diisi dengan telur, daging cincang, atau keju. Martabak dapat disajikan dalam bentuk manis atau gurih.

10. Es Podeng
Es podeng adalah minuman dingin yang terbuat dari kacang hijau, cincau, gula merah, dan santan.

Komentar