Kamu Harus Tau! Ini 4 Antibiotik Alami Atasi Demam Anak

Demam menjadi tanda bahwa tubuh sedang mengalami infeksi tertentu, seperti infeksi virus. Penyebab lainnya yaitu baru saja mendapatkan vaksin dan beraktivitas terlalu lama pada cuaca yang terlalu panas.

Ciri khasnya adalah suhu tubuh yang meningkat hingga lebih dari 37,7 derajat Celcius. Selain itu, gejala lain yang muncul saat demam adalah sakit kepala, tubuh menggigil, dan mengeluarkan keringat dingin.

Antibiotik Alami untuk Demam

Ada beberapa bahan alami yang bisa ibu manfaatkan sebagai antibiotik alami untuk demam anak, antara lain:

1. Jahe

Bahan alami pertama yang dapat ibu gunakan adalah jahe. Rempah satu ini memang memiliki banyak sekali manfaat untuk mengatasi penyakit karena kandungannya. Misalnya, sifat antibakteri pada jahe dapat membantu mengurangi gejala batuk dan demam.

Selain itu, mengonsumsi jahe hangat dapat membuat tubuh anak mengeluarkan keringat sekaligus racun dan panas dari tubuh. Dengan demikian, demam pada anak bisa lebih cepat mereda. Agar manfaatnya lebih optimal, ibu bisa menambahkan beberapa tetes madu.

2. Madu dan lemon

Antibiotik alami untuk demam anak selanjutnya adalah campuran antara madu dan lemon. Kedua bahan alami ini efektif untuk menurunkan demam pada anak karena bisa meningkatkan imunitas tubuhnya.

Meski memiliki efek positif untuk mengatasi demam dan meningkatkan imunitas tubuh, ibu sebaiknya tidak memberikan madu untuk anak yang belum berusia satu tahun. Sebab, hal tersebut bisa memicu terjadinya botulisme pada anak.

3. Bawang merah

Tak hanya sebagai bumbu untuk memasak makanan sehari-hari, bawang merah juga memiliki manfaat lain sebagai antibiotik alami untuk demam pada anak yang cukup efektif.

Bawang merah memiliki kemampuan untuk menurunkan suhu tubuh yang tinggi dan meredakan nyeri yang muncul selama mengalami demam. Penggunaannya juga tidak sulit, cukup campurkan irisan bawang merah dengan minyak telon atau kayu putih. Kemudian, balur campuran tersebut pada tubuh anak.

Baca Juga  3 Tips Mengatasi Nyeri Perut saat Sedang Hamil

4. Air kelapa

Ketika demam, tubuh rentan mengalami kekurangan cairan karena keringat yang keluar. Agar anak tidak mengalami dehidrasi, ibu bisa memberikan air mineral atau air kelapa untuk menjaga cairan pada tubuh. Selain demam, ibu juga dapat memberikan air kelapa ketika anak sedang mengalami diare.

Komentar