3 Manfaat Olahraga Berkuda untuk Kesehatan Mental Manusia

Selain kesehatan fisik, berkuda juga bisa memberikan manfaat berikut untuk kesehatan mental:

1. Mengurangi stres

Berkuda memungkinkan kamu untuk beristirahat sejenak dari keseharian yang membuat stres dan merasakan udara segar. Menghabiskan waktu dengan hewan dan berolahraga juga melepaskan hormon yang disebut serotonin yang bisa meningkatkan suasana hati dan mengurangi tingkat stres.

2. Memberikan efek terapeutik

Berinteraksi dengan kuda juga diketahui memiliki manfaat terapeutik. Hal ini menyebabkan munculnya pengobatan yang disebut Equine-Assisted Therapy (EAT). Manfaat kegiatan ini adalah untuk kesehatan mental ini sudah diketahui secara langsung bisa membantu mengobati mereka yang menderita attention deficit disorder (ADD), kecemasan, autisme, depresi, demensia, dan kondisi kesehatan mental lainnya.

3. Membangun rasa percaya diri

Rasa percaya diri diperlukan untuk kondisi mental yang sehat. Orang yang kurang percaya diri cenderung mengalami kecemasan dan depresi. Nah, menunggang kuda tidak hanya membutuhkan keberanian, tapi juga rasa percaya diri bahwa kamu bisa mengendalikan hewan yang liar dan berat tersebut. Itulah mengapa jenis olahraga ini merupakan cara yang baik untuk meningkatkan rasa percaya diri seseorang.

Baca Juga  Oleksandr Usyk Sikat Anthony Joshua, Pertahankan Gelar Kelas Berat

Komentar