5 Khasiat Sayur Rebung Bagi Kesehatan, Baik untuk Diet

Jika kamu suka makan lumpia, pasti sudah tidak asing dengan isiannya, yaitu rebung. Ini merupakan tanaman tunas bambu dari jenis Bambusa vulgaris atau Phyllostachys edulis yang masih muda. Banyak pula orang yang menyebut tanaman ini dengan rebung bambu kuning.

Berbagai Manfaat Sayur Rebung untuk Kesehatan

Selain menjadi isian lumpia, rebung juga kerap diolah menjadi sayuran. Ternyata, manfaat sayur rebung ini sangat beragam untuk kesehatan. Berikut beberapa di antaranya:

1. Menjaga kesehatan tekanan darah

Kandungan potasium yang memiliki nama lain kalium pada rebung menjadi mineral penting yang membantu menurunkan tekanan darah. Mineral ini terdapat dalam jumlah yang cukup tinggi pada rebung.

2. Menjaga kesehatan jantung

Makanan Sehat ini juga memiliki banyak nutrisi lain yang penting untuk menunjang kesehatan tubuh. Dua di antaranya adalah fitonutrien dan fitosterol yang diyakini membantu melarutkan kolesterol jahat di dalam tubuh. Hal ini membantu menurunkan penumpukan kolesterol pada pembuluh darah, dan menurunkan risiko mengalami stroke dan serangan jantung.

3. Baik untuk diet

Manfaat sayur rebung lainnya adalah baik untuk diet. Ini karena kandungan gula, sodium, dan lemak pada rebung yang terbilang rendah. Tak ketinggalan, rebung memiliki kandungan serat yang cukup tinggi yang pastinya dapat membantu kamu merasa kenyang lebih lama.

4. Menyehatkan saluran pencernaan

Selain untuk diet, serat dalam rebung juga baik untuk mendukung kesehatan saluran pencernaan. Sebab, serat menjadi komponen yang diperlukan untuk melancarkan pencernaan. Alhasil, makanan satu ini bisa dikonsumsi ketika kamu sedang mengalami sembelit.

5. Meningkatkan imunitas

Rebung juga diduga mampu meningkatkan imunitas tubuh. Ini berkat kandungan mineral dan vitamin di dalamnya, termasuk antioksidan yang dapat memberikan perlindungan tubuh dari serangan radikal bebas yang berlebihan.

Baca Juga  Sinopsis Donghua: Swallowed Star Season 2

Komentar