Indonesia Resmi Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023, Ini Harapan Menpora

Jakarta – Indonesia telah resmi dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023. Ajang tersebut dijadwalkan berlangsung di Tanah Air mulai 20 Mei hingga 11 Juni tahun depan.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali menyambut positif keberhasilan Indonesia ditunjuk sebagai lokasi perhelatan ajang sepak bola bergengsi FIFA. Pasalnya, ini merupakan kali pertama Ibu Pertiwi memperoleh mandat tersebut sepanjang sejarah.

“Tentu ini merupakan kebanggan buat kita. Pertama kali dalam sejarah, Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia. Saya kira, (kesempatan ini) harus kita lakukan dengan baik,” ujar Menpora dalam acara peluncuran maskot Piala Dunia U-20 2023 di Bundaran HI, Minggu (18/9/2022).

“Harusnya (perhelatan ini dilaksanakan pada) tahun 2021, tetapi karena pandemi, FIFA menundanya sampai 2023. (Piala Dunia U-20 nantinya) akan dilaksanakan di beberapa kota di Indonesia, termasuk Jakarta,” sambungnya dalam kesempatan yang sama.

Tak hanya mengharapkan kelancaran kompetisi, Menpora Zainudin Amali rupanya juga memiliki ambisi khusus dalam Piala Dunia U-20 2023. Ia menyebut perhelatan kali ini dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia mampu menyelenggarakan ajang sepak bola bergengsi.

Harapannya, dengan pelaksanaan acara yang sukses, FIFA di masa mendatang dapat memberi kepercayaan bagi Tanah Air untuk menjadi tuan rumah kompetisi sepak bola level senior.

“Saya harap, kita berikan dukungan sekali lagi untuk FIFA World Cup U-20, karena ini kesempatan pertama dan mungkin baru beberapa tahun ke depan kita bisa mendapat kesempatan lagi.”

“Kalau kita sukses melaksanakan FIFA World Cup U-20, kita berharap FIFA akan percaya kepada Indonesia untuk menjadi penyelenggara atau tuan rumah kejuaraan dunia sepak bola senior,” pungkas Zainudin Amali.

Baca Juga  AS Monaco dan Bundesliga, Tren Hengkangnya Pemain Muda

Sumber : Liputan6

Komentar