Cara Menangkap Angel Camera saat Sun-Rise, Fitur Panorama Lanscape

How to Capture Angel Camera at Sun-Rise, Landscape Panorama Features

Matahari terbit vs. terbenam, mana yang lebih baik untuk fotografi lanskap? Tergantung. Namun, secara umum, saya lebih suka matahari terbit di pagi hari karena berbagai alasan.

Beautiful Morning Light

Satu hal tentang memotret lanskap matahari terbit dan terbenam adalah kemampuannya untuk memiliki pencahayaan yang sangat baik. Sebelum matahari terbit dan setelah matahari terbenam, Anda mendapatkan cahaya jam biru yang sangat baik. Jika kondisi bekerja sama, matahari terbit dapat menghasilkan banyak warna yang sangat baik dan kondisi yang indah. Atmosfer cenderung lebih tebal saat matahari terbenam, yang dapat menghasilkan lebih banyak warna, tetapi itu tidak berarti bahwa matahari terbit tidak berpotensi menciptakan langit yang berwarna-warni.

Meskipun matahari terbit tentu saja dapat memberikan berbagai warna hangat, ia juga dapat sering menampilkan tampilan cahaya yang sejuk. Terutama saat memotret dengan filter polarisasi dan/atau filter kepadatan netral bertingkat, Anda dapat menangkap nada biru tua dalam foto matahari terbit. Apalagi di bulan-bulan musim panas, ketika udara lebih berkabut, matahari terbit biasanya menghadirkan rona yang lebih dalam daripada matahari terbenam.

Fewer People

Meskipun selalu ada pengecualian, pengalaman saya selama dekade terakhir adalah bahwa ada lebih sedikit orang saat matahari terbit daripada saat matahari terbenam. Ini berlaku untuk non-fotografer dan fotografer. Bahkan di tempat-tempat terkenal, tidak mengherankan jika Anda tiba sebelum matahari terbit dan tidak melihat siapa pun di sekitarnya.


Saat matahari terbenam, ini tidak mungkin terjadi. Dengan lebih sedikit orang di sekitar, pekerjaan menjadi lebih mudah. Jika Anda bertemu orang lain saat matahari terbit, kemungkinan besar mereka adalah sesama fotografer yang saling menghargai dan menghormati daerah dan fotografer lainnya.

Contoh yang baik adalah foto-foto Light Harbor Bass di Taman Nasional Acadia ini. Situs ini bekerja dengan baik saat matahari terbit (kiri) dan matahari terbenam (kanan), meskipun saya lebih suka arah cahaya saat matahari terbit.

Baca Juga  Keliling Jakarta Dalam 3 Hari: Rekomendasi Tempat Wisata dan Kuliner Wajib Coba

Foto matahari terbit diambil saat musim turis. Meskipun begitu, aku benar-benar sendirian. Beberapa minggu kemudian, saya kembali mengunjungi Pass Harbor untuk memotret saat matahari terbenam, dan ada lusinan orang di sekitar. Di lokasi ini dan banyak lainnya di sepanjang pantai, akan sulit untuk bekerja ketika ada orang yang terus-menerus datang dan pergi.

Different Weather In The Morning

Terkadang, kondisi sebelum dan selama matahari terbit tidak berfungsi. Sampai ada beberapa harapan yang dijamin akan kondisi fotografi yang bagus, keluar hanyalah bagian dari proses.


Namun, matahari terbit yang buruk tidak selalu berarti fotografi pagi yang buruk. Ada kalanya matahari terbit redup tetapi sisa paginya memberikan peluang fotografi yang bagus.

Jika matahari terbenam buruk, Anda tidak akan beruntung kecuali Anda siap untuk fotografi malam. Beberapa lokasi dapat melakukannya dengan baik saat matahari terbit dan terbenam, sehingga Anda bisa mendapatkan kesempatan kedua untuk mengambil foto yang menakjubkan di kemudian hari.

Keuntungan lain dari pergi keluar untuk melihat matahari terbit adalah setelah itu, Anda dapat menjelajahi situs dalam cahaya yang lebih terang untuk melihat apakah ada kesempatan lain untuk tamasya lagi. Saat dua jam setelah matahari terbit, kami harap Anda sudah menjalani hari yang produktif. Anda dapat pulang dengan foto dan informasi eksplorasi yang bermanfaat jika Anda beruntung. Setelah petualangan fotografi matahari terbit, Anda memiliki sisa hari di depan.

Some Locations Are Better At Sunrise

Tentu saja, akan ada pagi yang sangat berangin. Bisa juga pagi yang berkabut. Namun, dibandingkan dengan matahari terbenam, menurut pengalaman saya, angin dan kabut lebih kecil kemungkinannya saat matahari terbit. Jika Anda menghabiskan banyak waktu untuk memotret pemandangan dengan air, kondisi tenang dapat menghasilkan pantulan yang indah.

Baca Juga  Apa Itu¬†Staking Crypto?


Apalagi jika Anda ingin sedikit suasana di foto Anda, kemungkinan besar Anda akan mengalami kabut di pagi hari.

Sunset Is Great Too, Of Course

Dengan lebih banyak orang yang memotret saat matahari terbenam daripada saat matahari terbit, lokasi matahari terbit yang bagus tidak terdeteksi oleh radar. Mungkin juga lokasi yang Anda sukai saat matahari terbenam adalah lokasi yang Anda sukai saat matahari terbit. Maksud saya sederhana – beberapa lokasi menawarkan lebih banyak peluang dengan cahaya yang datang dari timur.

If You Need Reasons To Get Out In The Morning


Saya sangat menikmati fotografi matahari terbit karena beberapa alasan:

  • Saya lebih suka cahaya dan warna saat matahari terbit.
  • Di hampir setiap kasus, jumlah orang di sekitar jauh lebih sedikit, yang membuat pemotretan menjadi lebih mudah dan nyaman.
  • Jika kondisi saat matahari terbit tidak bagus, saya masih punya waktu sehari penuh untuk mencoba mendapatkan foto yang lebih baik atau setidaknya menjelajahi lokasi untuk foto masa depan di siang hari.
  • Pagi hari biasanya kurang berangin. Selain itu, Anda lebih mungkin mendapatkan kabut yang bagus (walaupun terkadang banyak kabut) di pagi hari.
  • Jika situs tidak berkinerja baik saat matahari terbenam, ada baiknya mempertimbangkan apakah akan lebih baik saat matahari terbit.

Selain keuntungan fotografi yang saya temukan saat matahari terbit, ada juga yang bisa dikatakan tentang berada di luar ruangan dan aktif di pagi hari. Terlepas dari hasilnya dalam hal foto saya, adalah santai dan santai untuk menyaksikan matahari terbit. Tidak ada cara yang lebih baik untuk memulai hari.

Komentar