Kamu Suka Pakai Motor Kopling, Begini Cara Perawatan yang Sesuai Standard

Untuk motor kopling sendiri ada perawatan khusus ketimbang jenis motor lainnya. Sepeda motor dengan tipe mesin kopling manual didominasi oleh motor sport. Kombinasi kopling dan perpindahan gigi secara manual memudahkan konsumen untuk mengubah percepatan motor sesuai yang diinginkan.

Motor Koling manual menjadi pilihan bagi banyak anak muda. Pasalnya, jenis motor dengan mesin kopling mendominasi tipe sport bike yang sangat identik dengan anak muda.

Begini loh cara perawatan yang pas:

Mengganti Oli Secara Rutin

Merawat motor kopling manual, harus rutin mengganti oli. Pergantian oli biasanya dilakukan pada 3.000 km perjalanan. Semakin jauh jarak yang ditempuh maka kualitas oli mesin akan berkurang. Hasilnya, oli pada motor akan keruh dan berubah warna menjadi hitam.

Sering Pengecekan & Penyetelan Tuas Kopling

Motor bermesin kopling manual, tentu saja kinerja kopling motor Anda harus selalu prima. Kampas kopling yang bermasalah dapat mengganggu kinerja mesin saat melakukan perpindahan gigi dan akan mempengaruhi laju motor Anda.

Rutin Cek Pergerakan Tuas & Kabel Kopling

Menggunakan motor bermesin kopling manual, adakalanya tarikan pada kopling terasa berat. Jika terjadi hal yang demikian Anda tidak perlu panik, ini terjadi karena kabel kopling motor Anda mulai kering karena karat atau kotoran lainnya. Cara mengatasinya cukup mudah, Anda tidak perlu membawanya ke bengkel. Cukup berikan cairan pelumas anti karat ke dalam kabel melalui tuas pada bagian handling kopling.

Bahan Bakar Sesuai

Gunakan bahan bakar yang sesuai, semakin tinggi nilai kompresi sepeda motor maka akan membutuhkan bahan bakar dengan oktan tinggi. Ketidaksesuaian pemilihan oktan bahan bakar akan menyebabkan performa sepeda motor menurun. Maka selalu perhatikan spesifikasi sepeda motor Anda terutama nilai kompresi-nya.

Baca Juga  Simulasi Premi Asuransi Mobil, Memudahkan Anda dalam Urusan Asuransi

Komentar