Mengenal Lebih Dalam Kopi Mandailing, Kopi Asal Sumatera Utara

Sebelum membicarakan di mana Kopi Mandailing tumbuh dan bagaimana prosesnya, mari kita bahas asal namanya terlebih dahulu.

Seperti yang sudah disebutkan di awal, Kopi Mandailing berasal dari Sumatera Utara tepatnya di Kabupaten Mandailing Sumatera. Penamaan kopi ini berdasarkan pada nama salah satu suku tertua yang ada di Asia Tenggara.

Seperti yang sudah disebutkan di awal, Kopi Mandailing berasal dari Sumatera Utara tepatnya di Kabupaten Mandailing Sumatera. Penamaan kopi ini berdasarkan pada nama salah satu suku tertua yang ada di Asia Tenggara.

Pohon kopi ini bisa ditemukan di perkebunan daerah Bukit Barisan yang memiliki ketinggian hingga 5000 kaki dan terendah 2500 kaki di atas permukaan laut. Bonus geografi inilah yang membuat Kopi Mandailing memiliki rasa unik yang sulit untuk diduplikasi.

Jika dilihat dari sejarahnya, Kopi Mandailing ini sudah dikenal sejak tahun 1800. Jadi tidak aneh jika hingga kini Kopi Mandailing ini menjadi salah satu jenis kopi di Indonesia yang terkenal dan menjadi favorit banyak orang.

Keistimewaan Kopi Mandailing

Selain karena kualitas kopinya, Kopi Mandailing ini juga memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki oleh jenis kopi di Indonesia, loh! Berikut adalah beberapa keistimewaan Kopi Mandailing yang perlu kamu ketahui:

Kopi dengan kualitas tinggi

Bicara soal kualitas jenis kopi di Indonesia memang tidak perlu diragukan lagi, termasuk Kopi Mandailing. Tapi apa sih yang membuat Kopi Mandailing ini bisa memiliki kualitas tinggi? Jawabannya adalah Kopi Mandailing ditanam di daerah gunung vulkanik Leuser yang sampai kini masih terjaga. Bahkan kualitas Kopi Mandailing ini tidak berubah meskipun memiliki banyak peminat.

Nyaman di perut

Jika kamu termasuk pecinta kopi yang memiliki perut atau pencernaan yang lebih sensitif, cobalah Kopi Mandailing. Jenis kopi ini memiliki tingkat keasaman yang cukup rendah, sehingga tidak akan menimbulkan asam lambung berlebih. Rasa Kopi Mandailing pun cenderung pas tidak terlalu asam dan manis.

Baca Juga  Apa Itu Staking Crypto?

Aroma herbal unik

Jika kamu menyukai aroma kopi yang cenderung fruity, floral, dan spicy, maka Kopi Mandailing cocok untukmu. Berbeda dengan jenis kopi Arabika di Indonesia, Kopi Mandailing memiliki aroma unik dengan campuran sedikit rempah, cokelat, bunga, dan buah-buahan.

Aromanya yang nikmat ini membuat Kopi Mandailing mampu memikat pencinta kopi baik di dalam maupun luar negeri. Selain itu Kopi Mandailing juga memiliki rasa yang tidak terlalu pahit.

Bisa dinikmati siapa saja

Tidak semua jenis kopi bisa dinikmati siapa saja, alasannya ada berbagai macam hal mulai dari rasa hingga aroma. Kopi yang bisa dinikmati siapa saja bahkan orang yang tidak terlalu menyukai kopi atau minum kopi hanya untuk kebutuhan kasual bisa menikmati Kopi Mandailing. Jenis kopi di Indonesia yang satu ini memiliki rasa yang pas tidak terlalu asam dan pahit, sehingga bisa dinikmati oleh siapa saja.

Bisa dicampur dengan susu atau bahan lainnya

Jika kamu terbiasa minum kopi dengan campuran susu ataupun krim, maka Kopi Mandailing bisa dijadikan pilihan. Kopi Mandailing juga bisa dinikmati dengan cara dicampur dengan susu, krim, atau kental manis. Mencampur Kopi Mandailing dengan beragam pilihan susu tidak akan mengurangi rasa, aroma, dan karakteristiknya.

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai Kopi Mandailing yang menjadi salah satu kopi kebanggan Indonesia. Kesimpulannya, Kopi Mandiling ini memiliki cita rasa yang tidak terlalu pahit, memiliki aroma khas, dan tingkat keasaman yang rendah. Satu yang tidak boleh dilupakan adalah kopi ini juga enak jika dicampur dengan bahan lain seperti susu.

Jika kamu menginginkan kopi Arabika dengan cara yang lebih simpel, kamu bisa mencoba NESCAFÉ Classic. Kopi instan 100% Arabika yang mudah dibuat dan mudah larut di air panas maupun dingin. Nikmati secangkir kopi 100% Arabika dari NESCAFÉ untuk memulai harimu!

Baca Juga  Cara Cek Jadwal Penyaluran BPNT Tahap 5 Tahun 2023: Bantuan Pangan Non Tunai Akan Segera Cair

Source: www.nescafe.com

Komentar